Inilah 3 Manfaat Mengonsumsi Cabai, Nomor 3 Tidak Terduga

Inilah 3 Manfaat Mengonsumsi Cabai, Nomor 3 Tidak Terduga

Selain rasanya yang oedas memberikan kenikmatan tersendiri, cabai juga punya manfaat.-shutterstock-

OKES.NEWS - Olahan cabai seperti dalam masakan baik berbentuk saus sambal hingga sambal ulekan menjadi primadona bagi sebagian besar orang ketika menyantap hidangan.

Makan nasi hingga gorengan akan terasa hampa jika tidak ada rasa pedas dari cabai.

Rasa pedas dari cabai yang menggigit  saat menyantap makanan  memberikan kenikmatan tersendiri.

Wajar saja jika cabai selalu ada di persediaan bumbu dapur bersama bawang-bawangan, sebab tumisan apapun itu tak luput dari irisan cabai dan bawang yang dapat memanjakan lidah.

BACA JUGA:Jenis Ikan yang Tidak Boleh di Konsumsi Penderita Kolestrol, Ini 5 Diantaranya

Ternyata cabai tak hanya memberikan sensasi rasa pedas, juga memberikan mafaat untuk kesehatan, ini manfaatnya jika kita mengonsumsi cabai dalam bentuk apapun baik dalam olahan masakan maupun dimakan secara langsung bersama gorengan.

1. Meredakan Rasa Sakit

Jika kamu sedang mengalami sakit pada bagian anggota tubuh tertentu, lalu kamu mengonsumsi cabai, sakit yang kamu rasakan akan mereda.

Hal tersebut disebabkan kandungan Capsaicin yang ada di dalam cabai yang memberikan sensasi rasa pedas, zat tersebut bekerjasama dengan reseptor sakit pada tubuh, jadi rasa sakitmu akan teralihkan dengan rasa pedas saat kamu mengonsumsi cabai.

BACA JUGA:Kenali Gejala Tipes, Ingat Jangan Remehkan Jika Tidak Ingin Fatal

Selain itu ujung saraf pada tubuh yang terluka dapat berhenti mengirimkan sinyal rasa sakit yang dialami sebab sensasi panas yang diberikan oleh cabai memegang kendali.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi cabai ternyata dapat membantu kita menurunkan berat badan, hal ini dapat memudahkan bagi penderita obesitas dan bagi yang sedang menjalankan program diet.

Sensasi pedas dan panas dari kandungan Capsaicin dalam cabai membuatmu berkeringat yang dihasilkan dari pembakaran kalori dalam tubuh, sehingga mampu membantu menurunkan berat badan.

BACA JUGA:Sering Terbuang! Bumbu Dapur Ketumbar Ternyata Miliki Manfaat Untuk Kesehatan Loh! Nih Resepnya?

Seperti pernyataan dalam jurnal Appetite yang berkata setiap 2mg kandungan Capsaicin setiap hari dalam 12 minggu, mampu mengecilkan lingkar pinggangmu.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung Koroner

Ternyata selain rasa pedasnya yang bermanfaat bagi tubuh, cabai juga mengandung banyak vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan jantung bagi manusia.

Cabai kaya akan vitamin B, B6, Kalsium, Asam Folat, dan kaya akan Beta Karoten. Kandungan tersebut yang berfungsi untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: