Tuai Kontroversi Raih Gelar Pemain Pria Terbaik 2023, Messi Pecahkan Rekor Ini !

Tuai Kontroversi Raih Gelar Pemain Pria Terbaik 2023, Messi Pecahkan Rekor Ini !

Lionel Messi saat menerima penghargaan Pemain Pria Terbaik 2022. Pada ajang penghargaan 2023, Messi tidak hadir.-Yoan Valat/EPA-

LONDON, OKES.NEWS - Lionel Messi berhasil mempertahankan gelar Pemain Pria Terbaik di ajang The Best FIFA 2023. Namun, penghargaan tersebut tua kontroversi dari pelbagai kalangan.

Kapten Argentina itu meraih penghargaan ketiganya di London, mengungguli pesaingnya Erling Haaland dan Kylian Mbappe.

Keduanya mendapatkan 48 poin, dengan Messi menjadi pilihan pertama terbanyak dari kapten timnas, sehingga membuatnya unggul.

Penghargaan ini menjadi yang ketiga bagi Messi, setelah sebelumnya memenangkan The Best FIFA pada tahun 2022 dan 2019.

BACA JUGA:Kalahkan Sada Sumut dengan skor 3-1, Sriwijaya FC Langsung Puncaki Klasemen

Dengan tiga penghargaan ini, Messi mencatatkan rekor yang mengungguli Cristiano Ronaldo dan Robert Lewandowski.

Namun, subjektivitas dalam penilaian ini menciptakan kontroversi. Legenda Jerman, Lothar Matthaeus, berpendapat bahwa Messi tidak layak meraih penghargaan tersebut tanpa memperhitungkan Piala Dunia.

Jika Messi meraih Ballon d’Or  tanpa memperhitungkan Piala Dunia, maka seharusnya dia tak menang untuk kali ini,” kata Lothar Matthaeus di Sportbuzzer.

Menurutnya, Messi, meskipun dianggap pemain terbaik dalam 20 tahun terakhir, tidak meraih gelar bergengsi bersama PSG dan Inter Miami, hanya membantu PSG memenangkan Ligue 1 dan Piala Liga bersama Inter Miami.

BACA JUGA:Prediksi Pertandingan Piala Asia : Indonesia vs Irak

Matthaeus lebih memilih Erling Haaland sebagai pemenang yang lebih pantas. Haaland sukses membantu Manchester City meraih treble winners, meraih Sepatu Emas Eropa, dan menjadi pencetak gol terbanyak Liga Champions.

Arthur Fernandes, seorang jurnalis Brasil, juga menyoroti fakta bahwa Messi memenangkan trofi dengan PSG dan Inter Miami, yang dianggapnya tidak sebanding dengan prestasi Haaland membawa City meraih gelar Liga Champions.

Meskipun perlu memberikan selamat kepada Messi, Fernandes menyatakan bahwa penghargaan ini mungkin lebih dipengaruhi oleh prestise bintang daripada kinerja sepanjang tahun 2023, menciptakan pertanyaan tentang apakah keunggulan di lapangan masih menjadi faktor utama dalam penilaian.

“Di tengah gelar-gelar yang bisa dibilang rutin bagi pemain sekelasnya, apakah Messi benar-benar menonjol dengan cara yang luar biasa di tahun 2023? Jawaban atas pertanyaan ini masih subjektif,” tegasnya.

BACA JUGA:Inter Jawab Kritikan dengan Bantai Monza 5-1

Gary Lineker, legenda Inggris, memberikan pujian kepada Messi sebagai pemain luar biasa, meskipun tidak hadir dalam acara pemberian penghargaan.

Ia menekankan karier gemilang Messi yang telah memenangkan segalanya. “Kariernya sungguh luar biasa," pujiannya di X. (*)

The Best FIFA 2023

Pemain Terbaik FIFA Putra: Lionel Messi (Argentina)

Pemain Terbaik FIFA Wanita: Aitana Bonmati (Spanyol)

Pelatih Pria FIFA Terbaik: Pep Guardiola (Spanyol)

Pelatih Wanita FIFA Terbaik: Sarina Wiegman (Belanda)

Kiper Putra FIFA Terbaik: Ederson (Brasil)

Kiper Wanita FIFA Terbaik: Mary Earps (Inggris)

Penghargaan FIFA Puskás Guilherme Madruga (Brasil)

Penghargaan Spesial FIFA Terbaik: Marta (Brasil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: