Jalan Tol Binjai - Langsa Seksi Kuala Bingai - Tanjung Pura Beroperasi Tanpa Tarif, Syaratnya Adalah?

Jalan Tol Binjai - Langsa Seksi Kuala Bingai - Tanjung Pura Beroperasi Tanpa Tarif, Syaratnya Adalah?

Jalan tol Binjai - Langsa seksi kuala Bingai - Tanjung Pura mulai beroperasi dan masih gratis.--

Jalan Tol Binjai - Langsa Seksi Kuala Bingai - Tanjung Pura Beroperasi Tanpa Tarif, Syaratnya Adalah?

OKES.NEWSIni kabar baik bagi warga Sumatera Utara (Sumut) dan sekitarnya. Jalan Tol Binjai - tol Langsa, khususnya seksi tol Kuala Bingai - tol Tanjung Pura sepanjang 19 Km, memulai operasinya tanpa tarif mulai pukul 07.00 WIB. 

Tol ini masih masuk  jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS

Operasional ini, menurut PT Hutama Karya, pengelola jalan tol, merupakan kelanjutan dari jalan tol seksi Binjai – Stabat (12,3 Km) yang beroperasi sejak Februari 2022, dan tol seksi Stabat – Kuala Bingai (7,55 Km) yang beroperasi sejak September 2023.

Tjahjo Purnomo, Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, menyatakan bahwa operasional ini diikuti setelah diterbitkannya Sertifikat Laik Operasi pada 27 Desember 2023 dan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 15/KPTS/M/2024 tentang Pengoperasian Jalan Tol tersebut.

BACA JUGA:Riau - Sumbar Terhubung Melalui Ruas Tol Bangkinang - Pangkalan, 2 Bulan Lagi Operasional?

BACA JUGA:Bagaimana Progres Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino (Baleno)

Seksi tol Kuala Bingai ini telah diuji coba pada Libur Nataru, dioperasikan secara fungsional selama lebih dari dua pekan (23 Desember 2023 - 10 Januari 2024), dengan lebih dari 100 ribu kendaraan yang melintas tanpa insiden.

Tjahjo menyebut, antusiasme masyarakat yang tinggi dan pengurangan waktu tempuh menjadi faktor utama kesiapan Hutama Karya mengoperasikan tol ini, dengan 62 personil siaga khusus untuk seksi ini, dan total 162 personil termasuk petugas dari seksi lain.

Selama masa operasi tanpa tarif, Hutama Karya akan melakukan sosialisasi intensif mengenai aturan berkendara di jalan tol. 

BACA JUGA:Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan Menjadi Proyek Pilot Green Construction, Maksudnya?

BACA JUGA:Ini Fungsi Speed Reducer yang di Pasang di Jalan tol Ini Fungsinya?

BACA JUGA:Hore, 2 Ruas Tol di Sumatera Utara Dibuka, Bisa Mempermudah Akses ke Wisata Ini

Meskipun belum ada tarif alias gratis, syarat pengguna jalan tol yang lewat harus melakukan tapping kartu uang elektronik, terutama pengguna dari arah Kuala Bingai menuju Tanjung Pura atau sebaliknya, melalui Seksi Binjai - Stabat dan Stabat – Kuala Bingai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: