Ingin Tahu? Keutamaan Nisfu Syaban Ini Dalilnya, KH Muhammad Idrus Ramli: Tapi Ada yang Membidahkan

Ingin Tahu? Keutamaan Nisfu Syaban Ini Dalilnya, KH Muhammad Idrus Ramli: Tapi Ada yang Membidahkan

KH Idrus Ramli saat safari dakwah di sejumlah kota Palembang.--

Ingin Tahu? Keutamaan malam Nisfu Syaban Ini Dalilnya, Dr KH Muhammad Idrus Ramli: Tapi Ada yang Membidahkan (bid'ah)

OKES.NEWS- Dimanapun anda berada? Edisi ini akan mengupas keutamaan malam nisfu syaban.

Malam Nisfu Syaban adalah malam yang baik. ''Ini tadisi kauam salafi,'' Kata KH Muhammad Idrus Ramli, mengawali tausiahnya lewat youtubenya.

Menurut KH Idrus Ramli, Dalam kitab Al Um karangan Imam Syafii,  Imam kita ini menyebutkan:

Imam Asyafii RA berkata: Telah sampai kepada kami bahwasanya selalu dikatakan bahwa permohonan kepada Allah akan dikabulkan dalam lima malam.

Lima malam itu adalah malam Jumat, malam hari raya Idul Adha, Idul Fitri awal di bulan Rajab dan Malam nisfu syaban. (Al Imam Al-syafii Al Umm 1/231.

Artinya apa? Sejak genarasi salaf malam nisfu syaban itu sudah diyakini sebuah malam yang utama. Bahkan ini genarasi tradisi salaf. 

BACA JUGA:Sebentar Lagi Malam Nisfu Syaban, Waktu Ampunan dan Rahmat, Kecuali Dua Dosa Ini

Penduduk Makkah pada masa salaf, seperti dijelaskan Al Imam Abu Adillah Alfkihi, ahli hadits dan sejarah wafat pada tahun 272 H menyebutukan tradisi Makkah dalam menghadapi malam nisfu Syaban dalam kitabnya Akhbar Makkah Fi Qodimi Dahri wahaditsihi juz 3 halaman 84 sebegai berikut:

Dikutip dari youtube Muhammad Idrus Rami@, Amalan penduduk Makkah pada malam nisfu syaban, baik kaum laki-laki maupun perempuan berangkat ke Masjid. Sholat, thowaf, baca Alquran, hingga subuh.

Penduduk salafi itu kemudian mengambil air zam-zam. Dan air zam-zam itu disimpan untuk mengobati orang sakit. Mereka mencari keberkahan di malam nisfu syaban.

Perbuatan di atas itu amalan salafi yang mulia di Makkah. Tradisi salafi itu kalau menurut kaum Wahabi pasti dikatakan bidah. Padahal tradisi salafi itu punya dalil-dalinya.

Jadi kata KH Idrus Ramli, Ulama salaf Makkah waktu itu menurut wahabi dikatakan bidah (bid'ah). Padahal wahabi mengaku salafi. Jadi wahabi itu sebenarnya bukan salaf.

Hadis keutamaan nisfu syaban? Banyak sekali, jelas KH Idrus Ramli. Diantaranya HR Ahmad 2/176:  Allah SWT melihat kepada makhluknya pada malam nisfu Syaban. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: