OKU Timur Termasuk Dalam 4 Daerah di Sumsel Terpilih Peraih Piala ADIPURA

OKU Timur Termasuk Dalam 4 Daerah di Sumsel Terpilih Peraih Piala ADIPURA

Dari 17 kabupaten/kota di Sumsel, hanya 4 yang meraih Piala Adipura penilaian 2023. Yakni Muba, OKU Timur, Lahat, dan Muara Enim.-foto ist-

OKU Timur Termasuk dalam 4 Daerah di Sumsel Peraih ADI PURA

SUMSEL - Masalah kebersihan kabupaten/kota tampaknya perlu jadi perhatian serius kembali semua pemerintah daerah. Dari 17 kabupaten/kota di Sumsel, hanya 4 yang meraih Piala Adipura penilaian 2023. Yakni Muba, OKU Timur, Lahat, dan Muara Enim.

Kota Sekayu, Kabupaten Muba, meraih Piala Adipura  untuk ke-14 kalinya. Kategori Kota Kecil Terbersih. Piala Adipura tersebut diterima Pj Bupati Muba H Apriyadi diwakili Asisten II, Andi Wijaya Busroh di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK, kemarin (5/3).

Andi Wijaya mengatakan, penilaian Adipura ini meliputi kebersihan, keteduhan kota, dan pengendalian pencemaran. “Komponen kriteria penilaian berkaitan dengan pengelolaan sampah dan ruang hijau, pengendalian pencemaran udara dan pencemaran air," jelasnya.

Dia merinci komponen  pemantauan dilakukan di beberapa lokasi antara lain: perumahan, fasilitas perkotaan, transportasi, perairan terbuka, sanitasi dan pantai wisata. "Upaya pengelolaan sampah yang kita lakukan selama ini mendapat apresiasi dari pemerintah pusat sehingga mendapatkan Adipura,” bebernya.

BACA JUGA:Pembunuh Hairuni di OKU yang Sempat DPO Ditangkap di Persembunyian

BACA JUGA:Mobil Listrik New MG ES Akan Segera Meluncur di Indonesia Begini Spesifikasinya

Kadis DLH Muba, Zulfakar mengatakan, Sekayu, Muba menjadi kota terbersih karena  perilaku masyarakat yang tertib. “Tingkat kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan khususnya persampahan dan penghijauan  kota terus meningkat," tutur dia.

Hal yang sama juga diraih Kabupaten OKU Timur yang berhasil meraih predikat Anugerah Adipura tahun 2023 kategori Kota Kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diterima Bupati OKU Timur Ir H Lanosin MT, diserahkan Wakil Presiden RI Prof Dr KH Ma'ruf Amin didampingi Menteri LHK RI Dr Ir Siti Nurbaya Bakar  MSc di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa (5/3).

Bupati OKU Timur didampingi Kepala DLH Feri Hadiansyah, Kepala Diskominfo Hj Sri Suhartati, Kepala Dinas Pertanian Junadi, Kepala BPKAD Agustian Pahrimale, Kepala Bappeda Marius Markus, dan Kabag ULP Mulawarman.

Anugerah Adipura tahun 2023 ini diraih Kabupaten OKU Timur setelah terakhir kalinya pada Tahun 2018. Usai menerima penghargaan, Bupati OKU Timur Ir H Lanosin MT mengungkapkan rasa syukurnya atas penghargaan Anugerah Adipura Tahun 2023. 

BACA JUGA:Terjadi Longsor di OKU selatanAktivitas Dua Desa Lumpuh

BACA JUGA:Bukan Sekedar Rumor Lagi Samsung F15 Telah Meluncur, Ini Hal Menarik dari HP ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: