Penderita Maag dan GERD Berkurang Karna Puasa, Ini Penjelasannya

Penderita Maag dan GERD Berkurang Karna Puasa, Ini Penjelasannya

ilustrasi sakit maag dan GERD-foto ist-

Penderita Maag dan GERD Berkurang Karna Puasa, Ini Penjelasannya

KESEHATAN - OKES.NEWS - Beberapa studi telah menyimpulkan bahwa menjalankan ibadah puasa dapat mengurangi keparahan masalah lambung atau GERD karena konsistensi waktu makan. 

Dokter spesialis Penyakit Dalam RS Cipto Mangunkusumo, dr. Muhammad Firhat Idrus, SpPD, K-GEH, mengemukakan bahwa perubahan pola makan selama puasa, seperti mengurangi jumlah waktu makan dari tiga kali sehari menjadi dua kali sehari, dapat memperbaiki gejala tersebut.

Puasa memaksa seseorang untuk makan secara teratur pada waktu yang sama setiap hari, yaitu saat berbuka puasa dan sahur. 

BACA JUGA:Resep Nastar versi Mini Lezat Menggugah Selera Pas Lebaran

BACA JUGA:Pilih Mana, Tecno Luncurkan 2 Seri, Spark 20 Pro dan Spark 20 Pro+ Segini Harga dan Beda Spesifikasinya

Ini dapat mengurangi gejala maag atau GERD yang sering terjadi di masyarakat. 

Maag, yang secara medis disebut dispepsia, ditandai dengan gejala seperti rasa tidak nyaman, mual, nyeri, muntah, kembung, dan cepat kenyang. 

Salah satu kondisi terkait adalah Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), di mana asam lambung naik ke kerongkongan.

Dengan pola makan teratur, asam lambung akan keluar dari lambung pada waktu yang tepat dengan asupan makanan yang cukup, sehingga gejala tidak nyaman dapat dihindari. 

Namun, konsumsi makanan berlebihan, terutama jenis makanan yang memicu masalah lambung, dapat menyebabkan maag dan GERD. 

Oleh karena itu, penting untuk menghindari makanan seperti gorengan, santan, makanan pedas, makanan berminyak, jeroan, gajih, dan kopi selama bulan puasa.

Mengonsumsi makanan pedas dan kopi dalam jumlah yang berlebihan dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung ke kerongkongan. 

Selain itu, konsumsi coklat, buah-buahan asam seperti jeruk, lemon, atau anggur, dan minuman bersoda juga dapat memicu masalah lambung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: