Jemaah Kloter 11 Palembang Tiba, Haji 2024 Berjalan Lancar dengan Pelayanan Prima

Jemaah Kloter 11 Palembang Tiba, Haji 2024 Berjalan Lancar dengan Pelayanan Prima

Jemaah Kloter 11 Palembang Tiba, Haji 2024 Berjalan Lancar dengan Pelayanan Prima--

Jemaah Kloter 11 Palembang Tiba, Haji 2024 Berjalan Lancar dengan Pelayanan Prima

Palembang, okes.news-  PPIH Debarkasi Palembang menyambut kepulangan 445 jemaah haji kloter 11 asal Palembang dan OKU Timur pada Jumat (05/07/2024) malam.


Jemaah kloter 11 mengaku puas dan bahagia menjalankan ibadah haji di Tanah Suci dengan lancar. Mereka menilai penyelenggaraan haji tahun ini sangat sukses dan berkesan.

Sumarni, seorang jemaah haji asal OKU Timur yang berangkat bersama suaminya, menyampaikan rasa bahagianya.

BACA JUGA:Catat ini Waktu Jemaah Haji OKU Selatan Tiba
Menurutnya, semua fasilitas di Arab Saudi terpenuhi, baik tempat tinggal, makanan, maupun perjalanan haji.

"Pelayanan petugas sangat bagus, konsumsi melimpah ruah. Pelaksanaan puncak ibadah kami berjalan dengan baik," ujar Sumarni.

Hal serupa diungkapkan oleh H. Basori, jemaah haji asal Desa Gunung Terang OKU Timur.


Ia menilai pelayanan petugas sangat memuaskan, dengan pelaksanaan puncak ibadah di Armuzna yang sangat luar biasa. Ketua kloter juga sangat aktif, begitu pula dengan tim kesehatan.


"Ketua kloter kami bahkan belum akan makan sebelum jamaah makan. Konsumsi disajikan dengan makanan khas Palembang. Hotel kami dekat dengan Masjidil Haram, hanya 750 meter. Meski disediakan bus shalawat, jemaah lebih senang berjalan karena lokasinya dekat," kata Basori.

Indayati, jemaah asal OKU Timur lainnya, juga menyatakan bahwa pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar dan sukses.


"Alhamdulillah, kesan saya berangkat haji sangat baik. Ibadah berjalan lancar dan pelayanan petugas sangat memuaskan. Konsumsi berlebih-lebih dan ibadah dapat dilakukan dengan baik," jelasnya.

BACA JUGA:Labbaika Allahumma Labbaik, Seluruh Jemaah Calon Haji Indonesia Tiba di Tanah Suci Musim Haji 1445 H/2024 M

Kakanwil Kemenag Sumsel, Syafitri Irwan, menjelaskan bahwa kloter 11 berangkat ke Tanah Suci dengan jumlah 448 orang. Namun, ada tiga jemaah yang wafat di Tanah Suci, sehingga yang kembali ke Tanah Air berjumlah 445 jemaah.


Hingga kloter 11, jemaah haji debarkasi Palembang yang telah kembali ke Tanah Air berjumlah 4.927 orang, terdiri dari 3.766 asal Sumsel, 1.106 asal Babel, dan 55 petugas kloter.


Jemaah yang meninggal dunia berjumlah 24 orang, dengan rincian dua meninggal di embarkasi, 21 di Arab Saudi, dan satu meninggal di debarkasi. Sementara itu, lima jemaah masih dirawat di Arab Saudi karena sakit.

"Masih ada delapan kloter lagi jemaah haji kita yang berada di Arab Saudi. Kloter 12 dijadwalkan tiba di Palembang pada Senin, 8 Juli 2024, pukul 02.45 WIB," jelas Syafitri.

Acara penyambutan dan pelepasan jemaah digelar di Aula Asrama Haji Sumsel.

BACA JUGA:450 Jamaah Calon Haji Bangka Belitung Bertolak ke Madinah dari Palembang, Ini Pesan Saat Dipesawat

Hadir pada acara tersebut Kepala Biro Kesra Pemprov Sumsel Sunarto, Kepala Bidang Penais Zawa Kanwil Kemenag Sumsel Evi Zurfiana Azom, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten OKU Timur Abdul Rosyid, Kabag Agama Biro Kesra Pemprov Sumsel Muhammad Yamin, Direktur PT. Swarna Dwipa Rebo Iskandar Pohan selaku pengelola asrama haji, serta unsur PPIH Debarkasi Palembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: