Hujan Deras Sambut 444 Jemaah Kloter 13, Ada Satu Jemaah Meninggal Dunia

Hujan Deras Sambut 444 Jemaah Kloter 13, Ada Satu Jemaah Meninggal Dunia

Jelamaah haji kloter 13 Palembang saat tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) Palembang.--

Hujan Deras Mengguyur 444 Jemaah Kloter 13 Debarkasi Palembang

Palembang, okes.news, sebanyak 444 jemaah haji tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 13 Debarkasi Palembang tiba dengan selamat, di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) Palembang pada Selasa (09/07/2024) dini hari sekitar pukul 03.05 WIB.

Kedatangan jemaah haji ini disambut oleh hujan deras yang mengguyur kawasan bandara hingga Asrama Haji Palembang Sumsel.

Meskipun hujan lebat menyelimuti proses kedatangan, pemindahan jemaah dari pesawat menuju bus Damri tetap berlangsung dengan lancar.

Biasanya, jemaah berjalan dari pesawat menuju bus, namun kali ini pihak Gapura Angkasa menyiapkan garbarata agar jemaah bisa berlindung dari hujan.

BACA JUGA:Pelukan Hangat Sambut Kepulangan 286 Jemaah Haji OKU, 1 Orang Meninggal Dunia


Petugas haji Palembang dengan hati-hati melayani lansia yang turun dari bus.Foto: kemenag sumsel--

“Biasanya garbarata diprioritaskan untuk jemaah lansia dan yang sakit. Namun karena hujan deras, garbarata digunakan untuk semua jemaah haji.

Alhamdulillah, proses pemindahan berjalan lancar dan tepat waktu,” ujar Fery Suhaimi, Kepala Seksi Penerimaan Kedatangan Jemaah di Bandara PPIH Debarkasi Palembang.

BACA JUGA:Haru dan Sukacita Warnai Pemulangan Jemaaah Haji Dini Hari Tadi, Innalillahi 25 orang Meninggal

Proses penurunan jemaah di Asrama Haji Sumsel juga berlangsung lancar. Bus yang membawa jemaah langsung menurunkan satu per satu di lobi asrama.

Petugas penyambutan dengan sigap membantu jemaah masuk ke aula untuk mengikuti prosesi penyambutan dan pelepasan jemaah ke daerah masing-masing.

Acara penyambutan dan pelepasan ini dihadiri oleh beberapa pejabat penting, termasuk Kabag Tata Usaha sekaligus Plh. Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumsel, Win Hartan, Kepala Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas II Palembang, Emmilya Rosa, Direktur PT. Swarna Dwipa, Rebo Iskandar Pohan, serta unsur PPIH Debarkasi Palembang.

BACA JUGA:Catat ini Waktu Jemaah Haji OKU Selatan Tiba

Win Hartan menjelaskan bahwa saat berangkat ke Tanah Suci, jemaah Kloter 13 berjumlah 446 orang.

Namun, dua jemaah tidak dapat kembali bersama kloter ini.

Muklas Edie Idad (83) asal Palembang meninggal dunia di Arab Saudi, dan Djudi Damsuki (78) masih dirawat di RS Dr. Hamid Sulaiman al Ahmadi Madinah.

“Jemaah yang kembali hari ini berjumlah 444 orang,” jelas Win Hartan.

Dengan kedatangan Kloter 13, total jemaah yang sudah kembali melalui Debarkasi Palembang mencapai 5.818 orang.

Ya terdiri dari 4.647 jemaah Sumsel, 1.106 jemaah dari Bangka Belitung, dan 65 petugas kloter.

Hingga saat ini, 25 jemaah dilaporkan meninggal dunia, dengan rincian dua meninggal di embarkasi, 22 meninggal di Arab Saudi, dan satu meninggal di debarkasi. Sementara itu, lima jemaah masih dirawat di Tanah Suci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: