441 Jemaah Haji Asal Lahat dan Palembang Tiba Kembali di Tanah Air

441 Jemaah Haji Asal Lahat dan Palembang Tiba Kembali di Tanah Air

441 Jemaah Haji Asal Lahat dan Palembang Tiba Kembali di Tanah Air--

441 Jemaah Haji Asal Lahat dan Palembang Tiba Kembali di Tanah Air

Palembang, okes.news- Sebanyak 441 jemaah haji dari Kloter 14 Debarkasi Palembang telah tiba kembali di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, pada Rabu siang.

Kelompok terbang (Kloter)  ini terdiri dari jemaah asal Palembang dan Kabupaten Lahat.

Pada kedatangan mereka di Asrama Haji Sumatera Selatan, jemaah disambut dan dilepas kembali ke daerah masing-masing dalam sebuah acara resmi di aula asrama.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat, termasuk Kepala Biro Kesra Pemprov Sumsel Sunarto, Kabag Tata Usaha sekaligus PLH. Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Sumsel Win Hartan, Kepala Balai Kekarantinaan Kesehatan Palembang Emmilya Rosa, dan Direktur PT. Swarna Dwipa Rebo Iskandar Pohan.

BACA JUGA:Pelukan Hangat Sambut Kepulangan 286 Jemaah Haji OKU, 1 Orang Meninggal Dunia

Khairul Saleh, Ketua Kloter 14, menjelaskan bahwa pada awal keberangkatan ke Tanah Suci, jumlah jemaah adalah 444 orang.

Namun, dua jemaah, Amirullah Ingsing (72) dan Sailani Cikmari (76) dari Lahat, meninggal di Arab Saudi.

Selain itu, Sundarita Abdul Amin (60) juga dari Lahat, telah kembali lebih awal dengan Kloter 5.

Hingga hari ini, PPIH Debarkasi Palembang telah menerima kepulangan total 6.259 jemaah haji, dengan rincian 5.083 dari Sumsel, 1.106 dari Babel, dan 70 petugas.

Ada 25 jemaah yang dilaporkan meninggal selama pelaksanaan haji tahun ini, dengan dua di antaranya meninggal saat di embarkasi, 22 di Arab Saudi, dan satu di debarkasi. Saat ini masih ada lima jemaah yang dirawat di Arab Saudi.

Debarkasi Palembang tahun ini mengirimkan total 8.467 jemaah haji yang tergabung dalam 19 kelompok terbang, dengan lima kloter masih berada di Kota Madinah, Arab Saudi.

BACA JUGA:Haru dan Sukacita Warnai Pemulangan Jemaaah Haji Dini Hari Tadi, Innalillahi 25 orang Meninggal

Salah satu jemaah, Ken Herawati dari Lahat, mengungkapkan pengalamannya.

 "Berangkat haji adalah pengalaman yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Pelayanan haji tahun ini sangat maksimal, semua fasilitas dari transportasi hingga pelayanan kesehatan sangat memadai, membuat ibadah kami berjalan dengan khusyuk."

Dengan kepulangan Kloter 14 ini, tradisi tahunan ibadah haji terus berlanjut, memberikan kesan mendalam bagi mereka yang telah menjalankannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: