Andhara Early Rela Kuras Tabungan Demi Lunasi KPR

Andhara Early Rela Kuras Tabungan Demi Lunasi KPR

Andhara Early mengaku rela kuras tabungan demi lunasi KPR. -Foto: Instagram @andharaearly---

OKES.NEWS - Andhara Early membuat keputusan besar dalam hidupnya ketika ia dan suaminya memutuskan untuk melunasi seluruh utang KPR, meskipun saat itu mereka sedang tidak memiliki pekerjaan tetap. 

Keputusan ini diambil setelah mereka berdua memutuskan untuk resign di tengah pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia, meski masih memiliki beberapa cicilan yang harus dibayar.

Early mengungkapkan rasa khawatirnya karena mungkin tidak bisa melunasi cicilan KPR. Meski bank menawarkan keringanan, ia tidak nyaman dengan perpanjangan tenor dari 12 tahun menjadi 20 tahun. 

"Gue tanya (cicilan per bulan dikurangi) 'bisa'. Tapi akhirnya tenornya naik lagi. Dari 12 tahun jadi 20 tahun. Gede banget, gue deg-degan 12 tahun belum ada hilal kapan dapat duit yang regular lagi," ungkap Early di kanal YouTube ANDHARA EARLY "KERJA APA AJA GW JABANIN!" - ALL YOU CAN HEAR.

Kaget, Early baru menyadari bahwa meski telah mencicil selama 8 tahun, nilai pokok utangnya hampir tidak berkurang. 

BACA JUGA:Distribusi Air PDAM OKU Terganggu, Warga Krisis Air, Alasannya ada alat terbakar

BACA JUGA:Menurut Penelitian Terbaru, Sedotan Kertas Ternyata Mengandung Bahan Kimia Berbahaya!

"Logika gue, sudah jalan 8 tahun, paling enggak utangnya sudah berkurang setengah. Tapi ternyata, enggak gerak sama sekali. 8 tahun kerja keras bagai kuda, cuma bayarin bunga doang," ujarnya dengan tawa getir.

Akhirnya, Early dan suami memutuskan untuk melunasi sisa KPR dengan menguras seluruh tabungan dan menjual aset yang mereka miliki. 

"Kita lunasin aja, ambil semua tabungan. Tadinya mikir buat hari tua, tapi ya sudah, lunas. Pulang dari bank, lihat ATM, waaa (tabungan habis)," ujarnya.

Meski tabungan habis, Early dan suami merasa lega karena terbebas dari utang. Mereka pun berusaha mencari cara untuk bertahan hidup. 

Suami Early kini bekerja sebagai driver online, sementara Early memilih untuk berjualan. "Bisa nge-Grab, alhamdulillah. Malu kenapa? Mobil sendiri, uang sendiri juga," tutup Early. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: