Manfaat Buah Pir Yang Masih Jarang Kita Ketahui

Manfaat Buah Pir Yang Masih Jarang Kita Ketahui

Buah ini tidak hanya lezat disantap, tetapi juga memiliki banyak nutrisi untuk tubuh. (Foto ist)--

OKES.NEWS - Siapa yang tidak mengenal buah pir? Buah ini tidak hanya lezat disantap, tetapi juga memiliki banyak nutrisi untuk tubuh.

Mari kita simak manfaat buah pir untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui.

Rasanya yang manis dan segar membuat banyak orang menyukainya. Jika Anda dan keluarga termasuk penggemar buah pir, bersiaplah untuk gembira, karena manfaatnya sangat beragam.

Buah pir dapat dimakan langsung atau diolah bersama bahan lainnya, seperti dalam bentuk smoothies atau salad. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah pir untuk kesehatan:

Sumber Nutrisi yang Penting

Buah pir mengandung berbagai nutrisi. Dalam satu buah berukuran sedang (sekitar 178 gram), terdapat: Kalori: 101, Karbohidrat: 27 gram, Protein: 1 gram, Serat: 6 gram, Vitamin K: 6% dari nilai harian, Vitamin C: 12% dari nilai harian, Tembaga: 16% dari nilai harian, Kalium: 4% dari nilai harian.

Selain itu, pir juga kaya antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Buah pir berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan procyanidin dalam pir dapat mengurangi kekakuan jaringan jantung.

Selain itu, konsumsi pir juga dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan HDL (baik). Kulit pir mengandung quercetin, yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung.

BACA JUGA:Hyundai Siap Rilis INSTER Cross, Crossover untuk Petualangan Mini di Alam Terbuka

BACA JUGA:Makin Gampang Kenalan! Instagram Rilis Kartu Profil Baru yang Keren Banget!

Membantu Menurunkan Berat Badan

Karena rendah kalori dan tinggi serat serta air, buah pir ideal untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Diet tinggi serat dan air dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi dua buah pir sehari dapat mengurangi lingkar pinggang hingga 2,7 cm dalam 12 minggu.

Potensi Antikanker

Kandungan antioksidan dalam buah pir dapat membantu melawan sel kanker.

Penelitian menunjukkan bahwa fitonutrien seperti flavonoid yang terdapat dalam pir dapat menurunkan risiko kanker paru-paru dengan menghilangkan radikal bebas dari tubuh, meskipun tidak menggantikan pengobatan kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: