Perkuat Kapasitas PAUD, 20 PKG Ikuti Bimtek PBD

Perkuat Kapasitas PAUD, 20 PKG Ikuti Bimtek PBD

Plt Kepala Disdik OKU Alfarizi membuka bimtek PBD selama 2 hari di hotel The Grand Zuri Baturaja.-Foto: jeki/oke.co.id-

OKU, OKES.CO.ID – Kemendibudristek sangat gencar mensosialisasikan program Pendidikan Anak Usia Dini.

Diantaranya Program Implementasi Kurikulum Merdeka dan Perencanaan Berbasis Data dalam Mendukung Lingkungan Belajar Berkualitas. 

Sosialisasi ini juga dilakukan di the Zuri Hotel Baturaja yang dibuka Plt Kepala Disdik OKU Alfarizi.

Sosialisasi ini dihadiri Muhammad Ali Fainaludin (narasumber dari Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Sumatera Selatan), Ketua IGTKI PGRI OKU Liliya Efrita, Ketua HIMPAUDI Rofiatun, dan para peserta.

BACA JUGA: Peserta Lomba Mewarnai Makin Banyak. Ini Jumlahnya...

Perencanaan Berbasis Data (PBD) adalah perencanaan oleh sekolah, program pendidikan, lembaga pendidikan, maupun pemerintah yang didasarkan pada data rapor pendidikan. 

“PBD mendukung proses berkelanjutan yang dibangun terus menerus dari kondisi sebenarnya sebuah satuan pendidikan menuju kondisi ideal dalam mengembangkan lingkungan belajar yang berkualitas di satuan PAUD," kata Plt Kepala Disdik OKU Alfarizi.

Ia menjelaskan, salah satu tujuan bimtek ini adalah untuk menguatkan PAUD dalam mengelola sumber daya melalui perencanaan berbasis data. 

Sementara itu, Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Ahmad Azhar S.STP MM yang diwakili oleh Kasi Kelembagaan dan Sarana Prasarana PAUDNI Yuliati menyebutkan, sosialisasi ini diikuti 20 orang Pusat Kegiatan Gugus (PKG) dan IGTKI PGRI se Kabupaten OKU yang terdiri dari 12 orang PKG kecamatan dan 8 orang IGTKI kecamatan.

BACA JUGA: Tercatat sebagai HKI, SMKN 2 OKU Luncurkan Batik Kepayang

Sosialisasi ini berlangsung selama 2 hari (12 - 13 Oktober 2022). 

"Dengan bimtek ini kita juga berharap dapat menguatkan kapasitas PAUD dalam mengelola sumber daya melalui perencanaan berbasis data agar terjadi peningkatan kualitas layanan secara berkelanjutan dan menciptakan lingkungan belajar berkualitas," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: