Produksi Beras OKU Apakah Cukup?

Produksi Beras OKU Apakah Cukup?

Foto: Ilustrasi. (*)--

Produksi beras ini dapat dioptimalkan melalui dua sisi, yaitu sisi luas panen dan sisi produktivitas. Dari sisi luas panen, berdasarkan KSA, ternyata pada 2021 terjadi peningkatan luas bera yang cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Artinya lahan sawah yang biasanya ditanami padi dibiarkan tanpa tanaman padi selama berbulan-bulan. 

Puncak luas era terjadi pada bulan September 2021. Selainitu, luas lahan pertanian yang tidak ditanami padi meningkat hingga akhir tahun 2021. Hal ini terjadi karena lahan sawah belum memiliki sistem irigasi yang baik, atau karena petani lebih tertarik  menanam komoditaslainnya. 

BACA JUGA: Mencegah Bullying di Lingkungan Belajar

Mengingat banyaknya lahan yang dibiarkan tidak ditanami padi dan terjadinya alihfungsi lahan penanaman padi, diperlukan perhatian dan kerjasama dari berbagai pihak. Bisa melalui penyuluhan kekelompok-kelompok tani dengan solusi-solusi yang aplikatif di lahan-lahan yang mereka miliki.

Dari sisi produktivitas, terjadi penurunan kemampuan tanaman padi dalam menghasilkan Gabah. Pada tahun 2021, produktivitas padi di OKU rata-rata adalah 4,39 ton Gabah Kerin gGiling per hektar. 

Angka ini lebih rendah dbanding tahun sebelumnya yang mencapai 4,54 ton per hektar. Artinya perlu perhatian lagi bagaimana caranya meningkatkan produktivitas tadi.

BACA JUGA: Hati – Hati Ayam Kampung Banyak Mati

Penyelamatan dan pemeliharaan tanaman yang masih ada di lapangan perlu dikawal ketat agar tidak terjadi gagal panen, baik akibat organisme pengganggutanaman (OPT) maupun faktor lainnya. Ketersediaan benih unggul yang mampu kebal terhadap hama dan bisa menghasilkan padi yang banyak juga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas padi kedepannya.

Penambahan ketersediaan pupuk subsidi juga tentu sangat membantu dalam peningkatan produksi. Untuk itu, pemberdayaan penyuluh dan petugas pertanian di lapangan merupakan hal yang sangat penting.

Dengan demikian, usaha pemerintah untuk meningkatkan produksi beras dalam menyediakan pangan yang cukup bagi masyarakat harus didukung oleh semua pihak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: