Banner Sekwan DPRD OKU 2024

PSC 119 OKU Beri Edukasi Pertolongan Pertama Kegawatdaruratan ke Sekolah

PSC 119 OKU Beri Edukasi Pertolongan Pertama Kegawatdaruratan ke Sekolah

Suasana kegiatan simulasi penyelamatan kegawatdaruratan, PSC 119 OKU di MAN 1 OKU.-Foto: Ist.-

OKU, OKES.CO.ID - Untuk memberikan pengetahuan kepada para siswa tentang pertolongan pertama kegawatdaruratan, Public Safety Centre (PSC) 119 Sebimbing Sekundang Kabupaten OKU, melaksanakan kegiatan komunikasi informasi dan edukasi pelayanan kegawadaruratan SPGDT PSC 119 ke siswa siswi sekolah di Kabupaten OKU.

Pada Juni lalu, PSC 119 Kabupaten OKU melaksanakan kegiatan komunikasi informasi dan edukasi pelayanan kegawadaruratan SPGDT di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten OKU, SMA Negeri 1 OKU dan SMK Negeri 2 OKU.

Plt Kepala Dinkes OKU Rozali SKM MM didampingi Sub Koordinator Pelayanan Kesehatan Rujukan, Fikri Arifin SKM MM melalui Koordinator PSC 119 Kabupaten OKU, H Ali Sadikin SKM, mengatakan, kegiatan komunikasi informasi dan edukasi pelayanan kegawadaruratan SPGDT di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten OKU, SMA Negeri 1 OKU dan SMK Negeri 2 OKU, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para siswa bagaimana cara menangani pertolongan pertama pada kegawatdaruratan di sekolah.

BACA JUGA: BPBD OKU Minta Warga untuk Waspadai Bencana Hidrometeorologi Basah

"Misalnya, ketika ada temannya yang pingsan, para siswa yang mengikuti kegiatan ini sudah dapat memahami dan bertindak melakukan pertolongan pertama kegawatdaruratan," ucap Ali.

Kendati demikian, lanjut Ali, semua hal yang terkait dengan kegawatdaruratan, baiknya menghubungi atau berkomunikasi dengan PSC 119, lantaran pihaknya siaga 1 x 24 jam. 

"Pertolongan pertama kegawatdaruratan ini dapat difahami para siswa agar nantinya para siswa dapat melakukan rangkaian usaha-usaha pertama yang dapat dilakukan pada kondisi gawat darurat untuk menyelamatkan pasien," terang Ali.

Dalam kegiatan tersebut, petugas PSC 119 Kabupaten OKU mempraktekan atau mensimulasikan seorang peserta yang tiba-tiba pingsan ditengah kerumunan.

BACA JUGA: 3 Tahun, OKU Alami Musim Kemarau Basah

Kemudian tim memperagakan cara memberikan pertolongan pertama kepada pasien setelah. Usai diberikan pertolongan pertama, tim PSC 119 Kabupaten OKU kemudian datang dengan kendaraan ambulance untuk melakukan tindakan yang lebih lanjut.

Koordinator PSC 119 Kabupaten OKU, H Ali Sadikin SKM didampingi petugas PSC 119 Kabupaten OKU, Rista SKep Ners, Tiara Mayangsari Str Keb, Yusrenda AMKep, Regina A Mkep, Aprianton dan Roby, menyampaikan materi pertolongan pertama kepada para siswa MAN 1 OKU. Kemudian, H Ali Sadikin SKM didampingi Julianti AMKep, Rista SKep Ners, Tiara STr Keb dan Aprianton, menyampaikan materi di SMA Negeri 1 OKU serta Nepi Adi Chandra AMKep dan

Saiin A MKep menyampaikan materi di SMK Negeri 2 OKU. Para siswa yang mengikuti kegiatan ini merupakan siswa yang mengikuti kegiatan Unit Kesehatan Sekolah (UKS). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: