Jenazah Jemaah Haji Asal Majalengka Ditemukan dan Disalatkan di Mekkah, Jemaah Asal Palembang Dalam Pencarian

Jenazah Jemaah Haji Asal Majalengka Ditemukan dan Disalatkan di Mekkah, Jemaah Asal Palembang Dalam Pencarian

Proses pencarian jemaah haji yang hilang di tanah suci--


Jemaah haji Sumsel Gelombang ke-2 asal Muba dan Palembang yang tadi malam telah tiba di Asrama Haji Palembang. --

Gelombang ke-2 Tiba di Tanah Air.

Dari debarkasi Palembang di laporkan, Jemaah Haji Sumsel gelombang kedua dari kloter 11 asal Palembang dan Musi Banyuasin tiba di Palembang pada Rabu 19 Juli 2023 tadi malam. 

Dalam laporan Ketua Kloter 11, H. Melsanofri, jumlah jemaah pada saat berangkat ke Tanah Suci adalah 359 orang. 

Selama di Tanah Suci, 1 jemaah kembali ke kloter asalnya (kloter 3), 4 jemaah meninggal dunia, dan 1 jemaah pulang lebih awal bersama kloter 8. 1 jemaah kloter 11 tertunda pulang karena sakit.

Ada juga 3 jemaah yang melakukan tanazul (pindah kloter) ke kloter 11, yaitu dari kloter 12 (Muhammad Zulfikri Arifin dan Maryani Yusuf) dan jemaah kloter 3 (Suharti Muksin) yang tertunda pulang. 

BACA JUGA:Jemaah Haji Kloter 1 OKU Timur Tiba, Disambut dengan Tangis Haru

jadi Jumlah jemaah yang kembali ke Palembang malam itu adalah 355 orang.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Sumsel, H. Armet Dachil, mengungkapkan bahwa Debarkasi Palembang telah menerima total 3.946 jemaah haji. 

Jemaah tersebut terdiri dari 2.831 jemaah asal Sumsel, 1.061 jemaah asal Babel, dan 54 petugas kloter. 

Jumlah jemaah yang meninggal dunia di Arab Saudi adalah 32 orang, dengan 27 orang berasal dari Sumsel dan lima orang berasal dari Babel. Sedangkan, empat jemaah meninggal dunia di debarkasi, dua dari Sumsel dan dua dari Bangka Belitung.

Pada kesempatan tersebut, H. Armet Dachil juga mengumumkan bahwa jemaah haji akan menerima tambahan air zamzam sebanyak 5 liter, sehingga jumlahnya menjadi 10 liter. 

BACA JUGA:Inilah Penampakan Terbaru Kakek Harun, Calon Haji Tertua Berumur 119 Tahun

Kabupaten MUBA akan menginap di asrama haji sebelum pulang  ke daerahnya Kabupaten MUBA. Sementara itu, jemaah haji Kota Palembang akan dijemput oleh KBIH masing-masing.

Turut hadir dalam acara tersebut Kabid Urais Efriyansah, Kabid Penmad Win Hartan, Kakankemenag Kota Palembang H. Abdul Rosyid, Direktur Swarna Dwipa pengelola Asrama Haji H. Rebo Iskandar, dan Kakankemenag Kab. MUBA H. Muhammad Makki. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: