Uji Laik Fungsi 2 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera, Begini Dampaknya bagi Pelabuhan Internasional Ini

Uji Laik Fungsi 2 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera, Begini Dampaknya bagi Pelabuhan Internasional Ini

Uji Laik Fungsi (ULF) untuk dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), yaitu Jalan Tol Indrapura – Kisaran dan Jalan Tol Gate-to-Gate Tebing Tinggi – Indrapura--

Uji Laik Fungsi 2 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera, Diharapkan Optimalisasi Mobilitas Logistik ke Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung

OKES.NEWS- PT Hutama Karya (Persero) telah menggelar Uji Laik Fungsi (ULF) untuk dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), yaitu Jalan Tol Indrapura – Kisaran dan Jalan Tol Gate-to-Gate Tebing Tinggi – Indrapura. 

Ini merupakan langkah signifikan dalam rangka meningkatkan konektivitas dan mobilitas logistik di Sumatera Utara.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro, menyatakan bahwa ULF ini dilakukan untuk memastikan kesesuaian spesifikasi teknis dan perlengkapan jalan dengan standar manajemen dan keselamatan lalu lintas. 

"Dengan adanya jalan tol ini, kami berharap dapat meningkatkan konektivitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara," kata Koentjoro.

BACA JUGA:Katanya Gratis, Pengendara Kebingungan Masih Dikenakan Tarif Tol

Salah satu poin penting dari pembangunan jalan tol ini adalah peningkatan efisiensi waktu tempuh, khususnya untuk mobilisasi barang. 

Jalan Tol Tebing Tinggi – Indrapura menjadi backbone jalur logistik menuju Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei.

Dengan adanya jalan tol baru, waktu tempuh yang awalnya memakan waktu 1,5 jam, diharapkan dapat dipersingkat menjadi hanya 20 menit.

Agus Tripriyono, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sumatera Utara, juga menambahkan dukungannya terhadap proyek ini.

 "Jarak tempuh dari Tebing Tinggi ke Indrapura yang saat ini memakan waktu paling cepat 2 jam, diharapkan akan menjadi kurang dari 1 jam setelah jalan tol ini beroperasi," ucapnya dikutip dari laman Hutama Karya

Sebagai informasi, saat ini Hutama Karya telah berhasil membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dengan total panjang sekitar 1.021,5 km, yang mencakup ruas tol konstruksi dan operasi.

BACA JUGA:Dibangun Ruas Tol Baru Sepanjang 30,57 KM, Urai Kemacetan Provinsi Sumbar - Sumut

Diharapkan dengan operasionalnya dua ruas jalan tol ini, akan semakin mempercepat mobilitas logistik di Sumatera Utara dan meningkatkan aksesibilitas menuju destinasi-destinasi unggulan di wilayah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: