Ikon Baru, Jembatan Sei Wampu: Struktur Rangka Baja Terpanjang di Tol Trans Sumatera

Ikon Baru, Jembatan Sei Wampu: Struktur Rangka Baja Terpanjang di Tol Trans Sumatera

Jembatan rangka baja terpanjang di JTTS, ikon baru jalan tol Langsa -Binjai. --

Ikon Baru, Jembatan Sei Wampu: Struktur Rangka Baja Terpanjang di Tol Trans Sumatera

Sumatera Utara - OKES.NEWS- PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI), sebuah anak perusahaan dari PT Hutama Karya (Persero), telah menuntaskan pembangunan Jembatan Sei Wampu di ruas Jalan Tol Binjai-Langsa.

Jembatan ini memiliki reputasi sebagai jembatan rangka baja menerus terpanjang di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Sebelum dapat digunakan oleh masyarakat, jembatan ini menunggu serangkaian Uji Laik Fungsi (ULF) yang telah dilakukan pada tanggal 18-20 Agustus.

Uji ini termasuk uji beban dinamis dan uji beban statis, untuk memastikan kekuatan dan ketahanan struktur jembatan tersebut.

Jembatan Sei Wampu total panjang bentangan 231 meter, termasuk main span sepanjang 130 meter tanpa pilar di tengah.

BACA JUGA:Resmi Beroperasi, Begini Reaksi Masyarakat Sumsel Sambut Tol Simpang Indralaya-Prabumulih

Ini merupakan gambaran kemampuan HKI dalam membangun infrastruktur berkualitas.

Menurut  Direktur Operasi III PT Hutama Karya Infrastruktur, Selo Tjahjono,  uji tersebut sangat penting untuk memastikan jembatan memenuhi spesifikasi keselamatan.

Sementara itu, progres pembangunan Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan mencapai 79,628% di akhir Agustus 2023.

Jika jalan tol ini sepenuhnya tersambung, waktu tempuh antara Binjai dan Pangkalan Brandan akan berkurang dari 90 menit menjadi hanya 48 menit.

BACA JUGA:Uji Laik Fungsi 2 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera, Begini Dampaknya bagi Pelabuhan Internasional Ini

Sampai saat ini, Hutama Karya telah berhasil membangun sekitar 1.021,5 km dari Jalan Tol Trans Sumatera, yang mencakup berbagai ruas tol di seluruh Sumatera.

Hingga saat ini, Hutama Karya telah membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang ±1.021,5 km.

Termasuk dengan jalan tol dukungan konstruksi. Untuk ruas tol Konstruksi 347,5 km dan 674 km ruas tol Operasi. 

Adapun ruas yang telah beroperasi secara penuh diantaranya yakni Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (141 km), 

BACA JUGA:Ada Satwa Liar yang Bisa Dinikmati Pengguna Jalan di Ruas Tol Sibanceh, Sigli-Banda Aceh

Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (189 km), 

Tol Palembang – Indralaya (22 km), Tol Medan Binjai (17 km), 

Tol Pekanbaru – Dumai (132 km), 

Tol Sigli Banda Aceh Seksi 2–6 (50 km) serta Tol Binjai – Langsa Seksi 1 (12 km), 

Tol Bengkulu – Taba Penanjung (18 km) dan Tol Pekanbaru – Bangkinang (31 km), 

Tol Indralaya – Prabumulih (64 km).

Masyarakat Sumatera Utara dapat berharap dengan adanya infrastruktur baru ini, konektivitas antar kota akan lebih lancar, aman, dan efisien.

 Selain itu, jembatan Sei Wampu yang berwarna merah ini diharapkan dapat menjadi ikon baru untuk JTTS di Sumatera Utara. (Ck/*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: