Kemarau Panjang, BPBD OKU Bantu 15.000 liter Air Bersih, Lubuk Batang Berstatus Waspada HTH

Kemarau Panjang, BPBD OKU Bantu 15.000 liter Air Bersih, Lubuk Batang Berstatus Waspada HTH

AIR BERSIH: Satgas Karhutlah Kabupaten OKU melalui BPBD OKU memberikan bantuan air bersih.-Dok Humas BPBD OKU-

BPBD OKU Berikan Air Bersih Ke Warga Baturaja Terdampak Kekeringan, Lubuk Batang Berstatus Waspada

BATURAJA- OKES.NEWS, Satgas Karhutlah Kabupaten OKU melalui BPBD OKU memberikan bantuan air bersih terhadap masyarakat Kelurahan air gading, Kecamatan Baturaja Barat yang mengalami dampak kekeringan yang di disebabkan oleh Kemarau Panjang diwilayah Kabupaten OKU.

Plt Kalaksa BPBD OKU Gunawansyah melalui Pusdalops BPBD OKU Gunafi menyampaikan pemberian bantuan air bersih ini merupakan rangkaian kegiatan antisipasi dan penangulangan dampak kekeringan dari musim kemarau yang panjang. 

Jumlah wilayah yang terdampak kekeringan ada di Kelurahan Air Gading, Kecamatan Baturaja Barat "ada 16 RT dengan Jumlah setidaknya 1360 Kepala Keluarga," ungkap Gunafi, Jumat, 22 Sepetember 2023.

BACA JUGA:Dilempar OTK, Kaca Truk Batubara Pecah Nasib Sopir Luka Leher, Begini Kronologisnya

Pihaknya, sambung Gunafi telah menyalurkan pemberian air bersih untuk kebutuhan masyarakat bersama. "yang kita bantu tadi itu sekitar 15.000 liter, kurang lebih," tuturnya. 

Adapun giat tersebut langsung dipimpin langsung Oleh Plt. Kalaksa BPBD OKU didampingi Kabid Pencegahan & Kesiapsiagaan BPBD OKU dan Kabid Kedaruratan & Log BPBD OKU, PUSDALOPS BPBD OKU dan Instansi Terkait lainya (Satgas Karhutlah Kabupaten OKU).

Pemberian bantuan air bersih ini diharapkan bisa mengurangi beban masyarakat untuk keperluan sehari-hari akibat dampak kekeringan yang disebabkan oleh musim kemarau yang panjang. 

Sementara itu, BPBD OKU menyampaikan berdasarkan hasil monitoring Hari Tanpa Hujan berturut-turut (HTH) dan prediksi probabilistik curah hujan dasarian (10 harian) hingga dua dasarian kedepan, terdapat indikasi potensi kekeringan meteorologis pada beberapa kecamatan di wilayah Kota/Kabupaten dengan status Waspada hingga Awas, yaitu pada wilayah:

1. Kota Palembang: Gandus (30 hari tanpa hujan), Seberang Ulu I (24 hari tanpa hujan).

2. Kab. Lahat: Mulak Ulu (25 hari tanpa hujan).

3. Kab. Muara Enim: Gunung Megang (31 hari tanpa hujan).

BACA JUGA:PDAM Tirta Raja Baturaja Periksa Mesin Pompa dan Bersihkan Sampah

4. Kab. Ogan Ilir: Indralaya (26 hari tanpa hujan), Indralaya Utara (29 hari tanpa hujan), Tanjung Batu (25 hari tanpa hujan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: