Bukan Ilalang, Sirih Cina ampuh atasi asam urat hingga menghilangkan flek hitam di wajah !

Bukan Ilalang, Sirih Cina ampuh atasi asam urat hingga menghilangkan flek hitam di wajah !

ilustrasi-foto ist-

Dianggap ilalang, Sirih Cina ampuh atasi asam urat hingga menghilangkan flek hitam di wajah !

OKES.NEWS - Sirih cina yang biasa kita temukan dalam pot tanaman, sering diangap sebagai ilalang atau gulma yang tak berguna bagi mereka yang tidak mengetahui manfaatnya.

Ternyata tanaman ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Mempunyai bentuk daun yang menyerupai daun sirih pada umumnya namun dengan ukuran yang mungil, dengan permukaan daun yang mengkilap dan memiliki batang yang lembut.

Sirih cina dengan nama ilmiah Peperomia Pellucida, tanaman ini biasa dikenal dengan daun ketumpang air atau daun sirih cina, yang biasa tumbuh berdampingan dengan lumut dan hidup ditempat yang lembap atau berair ternyata tanaman herbal.

Kandungan yang terdapat dalam daun sirih cina yaitu, glycosides, alkaloid, saponin, steroid, terpenoid, sitosterol, sesamin, stigmasterol, peperomnis, minyak atsiri dan lainnya yang bagus untuk kesehatan kulit.

BACA JUGA:Pelajar MTS di OKU Bantu Ungkap Kasus Perampokan Diganjar Penghargaan, Ini Pesan Kapolres

Berdasarkan kandungan nutrisi tersebut, maka daun sirih cina memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan manusia. Mulai dari kulit hingga ginjal

Sirih cina mengandung antioksidan seperti Fenol, Flavonoid dan Tanin yang memberikan rasa pahit pada daun tersebut, sifat tersebut ternyata sebagai antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, anti hiperglikemik, hingga antihipertensi sehingga bagus untuk pemulihan pada peradangan, dapat membantu melawan pertumbuhan bakteri, jamur, dan mikroorganisme patogen lainnya juga dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari stres oksidatif.

Pada penderita hipertensi ataupun diabetes yang mengalami kerusakan pada tubulus serta glomerus ginjal, ekstrak sirih cina ini dapat meningkatkan pemulihan ginjal dari kerusakan tersbut, karena manfaat dari senyawa antioksidan, anti inflamasi yang dimiliki oleh daun sirih cina.

Selain itu pada penderita asam urat dan rematik, jika rutin meminum air rebusan sirih cina ini, maka penyakit tersebut akan breangsur berkurang, karena menurut studi, ekstrak sirih cina dapat menstabilkan kadar asam urat.

Melansir dari postingan inspiration resep, banyak netizen yang ikut buka suara tentang manfaat yang dirasakan setelah menggunakan atau mengkonsumsi daun sirih cina ini.

BACA JUGA:Harga Kopi Turun, Pupuk Naik Di Kalangan Petani OKU

Datang dari komentar rudiealamsyah “nenek saya minum rebusan air sirih cina, yang awalnya susah jalan akibat asam uratnya, Alhamdulillah sedikit demi sedikit sekarang sudah bisa berjalan normal.”

Selanjutnya komentar dari daniel_wong_cilik mengenai daun sirih cina yang ampuh hilangkan flek di wajah. “ibu saya flek hitam parah, krn efek skincare yang sudah puluhan tahun. Perawatan ke dokter kecantikan sampe pake perawatan flek hasilnya tetap nihil. Malah tambah parah. Trus perawatan pake sirih cina, dpt 3 minggu bnr2 bedaaa bangettt hasilnya. Maha besar Allah dengan segala kuasanya. Sudah menciptakan tumbuhan liar yang sangat banyak sekali manfaatnya”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: