Terkenal untuk Masakan, Daun Jeruk Purut Ternyata Dapat Mengobati Flu! Ini caranya

Terkenal untuk Masakan, Daun Jeruk Purut Ternyata Dapat Mengobati Flu! Ini caranya

ilustrasi--

OKES.NEWS - Sering digunakan dalam masakan, terutama masakan Asia, karena daun jeruk purut memiliki rasa yang segar, harum, dan sedikit citrus yang menambah rasa dan aroma unik pada hidangan. Masakan seperti Indonesia khususnya seringkali menggunakan daun jeruk purut.

Jeruk purut, selain menjadi bahan khas dalam masakan juga memiliki manfaat kesehatan dan dapat digunakan sebagai salah satu obat alami untuk mengatasi flu. 

Daun jeruk purut mengandung senyawa-senyawa seperti minyak atsiri, yang dapat memberikan manfaat kesehatan, terutama dalam mengatasi gejala flu. 

Konsumsi daun jeruk purut atau minyak atsiri dari daun jeruk purut  dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu mengurangi gejala flu.

Lalu flu sendiri itu apa? Flu dikenal sebagai influenza, merupakan penyakit infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan manusia.

influenza dapat menyebar melalui percikan yang dikeluarkan oleh seseorang yang terinfeksi saat mereka batuk, bersin, atau bahkan berbicara. 

Selain itu, seseorang juga dapat menyebarkan virus melalui kontak dengan permukaan yang terkontaminasi oleh virus influenza, seperti gagang pintu atau tombol pintu, dan kemudian menyentuh wajah, mulut, atau hidung mereka.

Demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan, mual, dan muntah adalah gejala flu, yang biasanya muncul secara tiba-tiba dan dapat sangat mengganggu. 

Flu bisa menjadi penyakit yang serius, terutama bagi kelompok berisiko tinggi seperti anak-anak kecil, lansia, dan seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Maka sangat cocoklah daun jeruk purut menjadi opsi pengobatan alami Flu ini. Daun jeruk purut memiliki kandungan tanin, steroid triterpenoid, dan minyak atsiri. 

BACA JUGA:Kenali Ciri Demotivasi dan cara Mengatasinya dalam Kehidupan Negatif

Tanin adalah polifenol yang umum di banyak jenis tumbuhan, termasuk daun jeruk. Mereka memberikan rasa pahit atau astringen pada makanan dan minuman, dan mereka memiliki sifat antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imunitas dan membantu mengatasi influenza

Steroid triterpenoid adalah senyawa yang terdiri dari struktur kimia steroid dan triterpenoid. Beberapa steroid triterpenoid telah diteliti karena potensi sifat anti-inflamasi, antikanker, dan lainnya

Minyak atsiri sering digunakan dalam pengobatan tradisional dan alternatif untuk berbagai tujuan, termasuk aromaterapi dan pengobatan herbal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: