Berikut Ini Panduan Penggunaan Pengeras Suara Saat Ramadhan

Berikut Ini Panduan Penggunaan Pengeras Suara Saat Ramadhan

Edaran Kemenag tersebut, yang diterbitkan pada 18 Februari 2022, mengatur tentang pengaturan volume pengeras suara hingga 100 dB dan penggunaannya selama bulan Ramadan.--

Berikut Ini Panduan Penggunaan Pengeras Suara Saat Ramadhan

Okes.news- Kementerian Agama (Kemenag)  Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran Nomor SE. 1 Tahun 2024.

Isinya panduan penyelenggaraan ibadah Ramadan /puasa dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Surat edaran ini ditujukan untuk mengimbau umat Islam di Indonesia agar menjalankan ibadah Ramadan /puasa dan Hari Raya Idul Fitri,  menjunjung tinggi nilai toleransi dan persaudaraan sesama umat beragama.

Menyambut bulan suci Ramadan bulan puasa, umat Islam diingatkan untuk memedomani Surat Edaran Menteri Agama Nomor 05 Tahun 2022 mengenai penggunaan pengeras suara di masjid dan musala.

BACA JUGA:Beda Awal Ramadhan, Ada yang Mulai Tangal 10, 11 dan 12 Maret 2024 : Berikut Edaran Menteri Agama

Edaran Kemenag tersebut, yang diterbitkan pada 18 Februari 2022, mengatur tentang pengaturan volume pengeras suara hingga 100 dB dan penggunaannya selama bulan Ramadan.

Termasuk dalam pelaksanaan Salat Tarawih, ceramah Ramadan, dan tadarrus Al-Qur'an dengan menggunakan Pengeras Suara Dalam.

Sementara itu, untuk takbiran Idul Fitri diizinkan menggunakan Pengeras Suara Luar hingga pukul 22.00 waktu setempat.

Pedoman terbaru ini mengimbau umat Islam untuk menjaga ukhuwah islamiyah dan toleransi.

Terutama dalam menyikapi potensi perbedaan penetapan 1 Ramadan 1445 H. Umat diharapkan meningkatkan syiar Islam selama bulan suci dengan mengadakan berbagai kegiatan di masjid, musala.

Dan tempat lainnya untuk menyampaikan pesan-pesan taqwa dan mempererat persaudaraan.

Salat Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah/2024 Masehi dapat diadakan di masjid, musala, dan lapangan, dengan materi ceramah Ramadan dan Khutbah Idul Fitri yang menjunjung tinggi nilai toleransi, persatuan.

BACA JUGA:22 Maret 2023 Penentuan Awal Ramadhan 1444 H

Dan tidak bermuatan politik praktis sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 09 Tahun 2023 tentang Pedoman Ceramah Keagamaan.

Umat Islam juga diimbau untuk mengoptimalkan zakat, infak, wakaf, dan sedekah di bulan Ramadan guna meningkatkan kesejahteraan umat.

Ketentuan ini diharapkan dapat membantu umat Islam di Indonesia menjalankan ibadah Ramadan dan merayakan Idul Fitri dengan damai dan penuh keberkahan.

BACA JUGA:Lega.. Pemerintah Tetapkan Lebaran Idul Fitri 22 April 2023

Berikut  poin-poin penting dari Edaran Menag No SE. 1 Tahun 2024 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi:

Pemeliharaan Ukhuwah Islamiyah dan Toleransi.

Pelaksanaan Ibadah Sesuai Syariat.

Penggunaan Pengeras Suara.

Kegiatan Syiar Ramadan





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: