Sidak SPBU di OKU Jelang Idul Fitri 1445 H Antisipasi Kecurangan BBM Campur Air, Ini Hasilnya

Sidak SPBU di OKU Jelang Idul Fitri 1445 H Antisipasi  Kecurangan BBM Campur Air, Ini Hasilnya

Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Ogan Komering Ulu (OKU) melalui Unit Pidana Khusus (Pidsus) melakukan sidak di SPBU di Kabupaten OKU pada Sabtu, 30 Maret 2024. -foto ist-

Sidak SPBU di OKU Jelang Idul Fitri 1445 H

BATURAJA - OKES.NeWS, Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Ogan Komering Ulu (OKU) melalui Unit Pidana Khusus (Pidsus) melakukan sidak di SPBU di Kabupaten OKU pada Sabtu, 30 Maret 2024. 

Sidak ini dilakukan untuk menjamin kestabilan, kelancaran, dan ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) serta meminimalisir potensi penyimpangan dan ketidaksesuaian takaran BBM.

"Prosesnya sesuai prosedur yakni pemeriksaan mesin nozle takaran dengan menguji menggunakan bejana, apakah pas dengan yang ada di pesanan," ungkap Kasatreskrim AKP Setyo Hermawan yang disampaikan Kanit Pidsus IPDA Yendra Aprizal.

Menurutnya, tindakkan yang dilakukan perlu diantisipasi, mengingat sebentar lagi akan memasuki arus mudik lebaran idul fitri 1445 H. 

"Dari hasil yang diperiksa masih ditemukan diambang batas kesalahan yang diizinkan yaitu, dalam 20 liter terdapat plus minus sebesar 0,1 % atau plusminus 100 ml," terangnya.

BACA JUGA:Tamek Diduga Bandar Sabu di Baturaja, Diringkus Polisi Berikut 39 Paket Siap Edar

BACA JUGA:Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2024) Resmi Rilis Global dengan S Pen Stylus!

Kepolisian polres OKU menegaskan dalam beberapa waktu kedepan pihaknya akan melakukan pengecekan rutin di setiap SPBU yang ada di wilayah OKU

Hal itu untuk memastikan tidak ada kecurangan yang dilakukan pihak SPBU yang dapat merugikan konsumen, terlebih jelang perayaan idul Fitri.

“Ini untuk mencegah adanya kecurangan di SPBU di OKU yang BBM nya bercampur dengan air sehingga menyebabkan kerugian bagi konsumen,” pungkasnya.

BACA JUGA:Edisi Terbatas! ZTE Red Magic 9 Pro Bumblebee Transformers, Inilah Detailnya!

BACA JUGA:Imbau Agar Orang Tua Lebih Waspada Terhadap Anak

Tim juga mengantisipasi agar tidak ada campuran air dalam BBM yang akan disalurkan kepada pelanggan.

 
 

"Jika ada tanda-tanda kecurangan, kami akan mengambil tindakan hukum," tegasnya. Ini termasuk penerapan sanksi dari pihak Pertamina bagi SPBU yang melakukan pelanggaran atau praktik nakal. (r15)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: