Cara Membuat Telur Asin yang Mudah

Cara Membuat Telur Asin yang Mudah

Cara sederhana untuk membuat telur asin menggunakan air garam. (Foto ist)--

OKES.NEWS - Telur asin, yang biasanya terbuat dari telur bebek, dikenal dengan rasa gurih dan asin. Selain lezat, telur ini juga kaya akan gizi dan dapat menjadi pendamping yang sempurna untuk berbagai hidangan.

Kelebihan lainnya adalah telur asin tahan lama, sehingga bisa dinikmati kapan saja. Berikut adalah cara sederhana untuk membuat telur asin menggunakan air garam.

Bahan-bahan, 1 liter air, 12 butir telur bebek, 500 gram garam, 1 toples yang dapat ditutup rapat.

Langkah-langkah Membuat Telur Asin

Awali dengan merendam telur dalam air selama 2 menit. Jika ada telur yang mengapung, segera buang, karena itu menandakan telur tidak baik.

Setelah itu, cuci telur hingga bersih. Lakukan dengan hati-hati agar kulitnya tidak pecah. Keringkan telur setelah dicuci.

BACA JUGA:Nyaman Tapi Tetap Modis Cara Styling Baju Syari untuk Ibu Hamil

BACA JUGA:Smartphone Xiaomi Pertama dengan Snapdragon 4s Gen 2 Rilis Minggu Depan

Amplas permukaan telur secara lembut untuk membuka pori-porinya, sehingga garam dapat meresap lebih mudah.

Campurkan garam ke dalam air dan aduk hingga larut sepenuhnya. Tuangkan larutan garam ini ke dalam toples yang sudah disiapkan.

Letakkan telur perlahan-lahan ke dalam larutan garam, pastikan semua telur terendam. Beri jarak sekitar 2 cm dari permukaan cairan.

Tutup toples dan biarkan telur merendam selama 10-12 hari. Jika ingin rasa lebih asin, biarkan hingga maksimal 42 hari (6 minggu). Jauhkan dari sinar matahari selama proses ini.

Setelah perendaman selesai, rebus telur dalam air dengan api kecil selama 1 jam. Hindari mendidihkan air agar telur tidak rusak.

BACA JUGA:Smartphone Xiaomi Pertama dengan Snapdragon 4s Gen 2 Rilis Minggu Depan

BACA JUGA:Beri Pelatihan Produksi Konten Jurnalistik Berkualitas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: