Cara Melindungi Diri Dari SInar UV

Cara Melindungi Diri Dari SInar UV

Cara Melindungi Diri Dari SInar UV. (Foto ist)--

OKES.NEWS - Sinar UV memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh, tetapi juga dapat menimbulkan risiko jika paparan berlangsung berlebihan. Sumber utama sinar UV adalah matahari, yang membantu tubuh dalam memproduksi vitamin D.

Vitamin ini esensial untuk memperkuat tulang dan gigi, serta mendukung penyerapan kalsium. Namun, manfaat tersebut hanya akan dirasakan jika paparan sinar UV terjaga dalam batas yang aman.

Kelebihan sinar UV dapat merusak jaringan tubuh dan meningkatkan risiko penyakit tertentu.

Bahaya Sinar UV bagi Kesehatan

Sinar UV dibagi menjadi beberapa jenis, dengan UVA dan UVB sebagai yang paling umum. Sinar UVB hanya menembus lapisan luar kulit (epidermis), sementara UVA dapat mencapai lapisan tengah (dermis).

BACA JUGA:Tiga Terdakwa warga Desa Kedaton Terlibat Pembunuhan Sadis di OKU Dituntut Hukuman Mati

BACA JUGA:OvarianVax Harapan Baru dari Inggris untuk Cegah Kanker Ovarium

Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang dapat muncul akibat paparan sinar UV yang berlebihan:

Kulit Terbakar

Sunburn adalah dampak paling umum dari paparan sinar UV yang berlebihan. Kulit akan tampak kemerahan dan terasa hangat atau nyeri. Gejala ini biasanya muncul dalam beberapa jam setelah terpapar, atau kadang 1-2 hari kemudian. Dalam kasus yang parah, sunburn dapat menyebabkan pembengkakan, kulit melepuh, dan bahkan dehidrasi, yang memerlukan penanganan medis.

Kerusakan Mata

Selain kulit, mata juga rentan terhadap kerusakan akibat sinar UV. Paparan berlebihan dapat mengakibatkan penurunan kemampuan melihat, penglihatan kabur, atau bahkan kebutaan permanen.

Kanker Kulit

Paparan sinar UV yang berlebihan adalah salah satu penyebab utama kanker kulit, termasuk karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa. Kanker ini biasanya muncul di area tubuh yang sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, leher, dan tangan. Jika tidak ditangani, kanker dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya dan menjadi mengancam jiwa.

BACA JUGA:Hujan di Gurun Sahara Bikin yang Tadinya Kering Kini Menjadi Oase!

BACA JUGA:Gahar! Alpine A390_β SUV Listrik Konsep dari Renault Tampil di Paris Motor Show

Cara Melindungi Diri dari Dampak Sinar UV

Untuk mencegah masalah kesehatan akibat paparan sinar UV, beberapa langkah perlindungan yang bisa dilakukan adalah:

Gunakan Krim Tabir Surya

Aplikasikan tabir surya dengan SPF 30 setidaknya 15 menit sebelum keluar rumah, dan ulangi pemakaian setiap satu jam. Perlindungan ini juga perlu diterapkan saat berada di dalam ruangan, dan pastikan untuk merata di seluruh bagian tubuh, termasuk wajah, leher, telinga, dan bibir.

Kenakan Pakaian Tertutup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: