Penebaran Benih Ikan Sebaiknya di Berbagai Tempat

Penebaran Benih Ikan Sebaiknya di Berbagai Tempat

OKES.CO.ID, OKU - Dinas Perikanan dan Peternakan OKU berencana melepas ribuan ekor bibit ikan patin ke Sungai Ogan. Persisnya 18.300 bibit ikan patin. 

Penebaran bibit ikan, rencananya dilaksanakan saat HUT OKU ke 112 pada 29 Juli mendatang. Lokasi yang dipilih yakni seputaran Jembatan Ogan I. 

BACA JUGA: Tambah Stok Ikan, Ribuan Ikan Patin Ditebar di Sungai Ogan

Kendati upaya itu baik untuk restocking ikan di sungai Ogan, namun, beberapa warga justru memberikan saran. Khususnya saat pelepasan bibit ikan dilakukan di sungai tengah kota, bukan di ulu sungai Ogan.

"Apalagi jumlahnya ribuan ekor,” ujar Garsu memberi saran.

BACA JUGA: Disnakkan OKU Selatan Mulai Vaksinasi Hewan

Warga Kecamatan Baturaja Barat ini menyebut, warga yang tinggal di hilir sungai dipastikan akan memanen ikan yang disebar pemerintah. Karena, bibit ikan terbawa arus hilir sungai.

"Sebaiknya jangan disebar di satu titik. Ada juga yang harus dilepas dari ulu sungai. Supaya masyarakat bisa ikut memanen nanti,” pesannya. 

BACA JUGA: Sapi Sehat Prioritas Vaksin PMK

Ranto, warga lainnya juga memberi saran agar benih ikan dibagi ke dua jalur ulu sungai. Aliran Lengkiti dan Ulu Ogan. Karena, ikan yang terbawa arus nanti masih berada di perairan sungai Kabupaten OKU. 

"Kalau melepas dari aliran sungai Lengkiti, hanyutnya masih ke sungai Ogan tapi masih di wilayah OKU. Artinya, masih warga sendiri yang panen, bukan warga tetangga,” imbuhnya. (stf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: