Feline Lower Urinary Tract Disease (Flutd) pada Kucing Ras (I)

Feline Lower Urinary Tract Disease (Flutd) pada Kucing Ras (I)

Organ kencing pada kucing jantan dan betina. Penyumbatan Kristal mineral pada kucing jantan (paling kanan).-Foto: Ilustrasi. (*)-

Drh. Putut Pantoyo

Fungsional Medik Veteriner

Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU

Salam Veteriner. Salah satuklien yang berasal dari PasarAtas, membawa kucing Persia jantan dan berumur sekitar dua tahun.

BACA JUGA: Butuh Modal? UMi Saja

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap kucing tersebut diperoleh hasil: kucing kesulitan kencing (disuria), urin yang keluar bercampur dengan darah.

Pada saat dilakukan palpasi di sekitar perutnya terdapat benda bulat dengan konsistensi kenyal. Dari hasil tersebut kemungkinan besar kucing terkena FLUTD. Feline lower urinary tract disease (FLUTD) merupakan salah satu penyakit yang menyerang kucing Persia dan kucing angora karena kucing ras cenderung malas untuk bergerak dan beraktifitas. 

FLUTD dikenal juga dengan sebutan Feline Urologic Syndrome (FUS) merupakan penyakit saluran kencing/saluran urinasi bagian bawah yang disebabkan karena cystitis, urethretis, obstruksi partial atau komplit sampai penyumbatan urethra serta dapat juga karena abnormalitas anatomi. 

FLUTD merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi pada kucing jantan, biasanya terjadi pada bagian vesicaurinaria (vu) dan uretra kucing serta menyebabkan gangguan pada organ tersebut.

BACA JUGA: Kawin Suntik Atau Inseminasi Buatan (IB) pada Sapi

Secara fisiologis saluran organ kencing pada kucing jantan berbentuk seperti tabung dan memiliki bagian yang menyempit sehingga sering menimbulkan penyumbatan air kencing dari kantong kencing keluar tubuh. 

Kucing jantan dan kucing betina mempunyai resiko yang sama terkena FLUTD, akan tetapi karena secara anatomis uretra kucing jantan lebih kecil dari pada kucing betina maka resiko kucing jantan lebih besar dari pada kucing betina. 

Secara umum penyebab FLUTD adalah: jenis kelamin, penyakit ini lebih sering menyerang hewan jantan dari pada betina karena struktur anatomi urethra dari jantan panjang dan sempit sedangkan urethra betina pendek dan lebar. 

BACA JUGA: Hati – Hati Ayam Kampung Banyak Mati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: