Ribuan Warga Muhammadiyah di OKU shalat Idul Adha: Teladani Keimanan dan Ketakwaan Nabi Ibrahim

Ribuan Warga Muhammadiyah di OKU shalat Idul Adha: Teladani Keimanan dan Ketakwaan Nabi Ibrahim

KHUSUK: Masyarakat OKU menjalani shalat Idul Adha 1444 H di Perguruan Muhammadiyah Baturaja, Rabu (28/6). - Foto: ist)-Istimewa-


“Tetapi Nabi Ibrahim sudah tercatat dalam sejarah sebagai Nabi yang sangat beriman kepada Allah dengan segenap jiwa raganya, mentaati perintah Allah dengan ketaatan yang luar biasa,” imbuhnya.


“Untuk menghormati dan mencontoh ketaatan Nabi Ibrahim kita diperintahkan untuk melaksanakan kurban dengan binatang ternak yang baik dan besar. Dan tradisi tersebut sampai hari ini dilaksanakan oleh segenap kaum muslimin seluruh dunia, sebagai suatu simbol ketaatan dan keikhlasan kepada Allah Tuhan semesta alam,” tambahnya.

BACA JUGA:Sholat Ied Idul Adha 2023 Jembatan Ampera Tutup 3 Jam

BACA JUGA:Cabai Merah di OKU Selatan Melambung Hingga Rp50 Ribu, Berikut 3 bahan Pokok Lainnya


Sementara, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), Prof Dr Ir H Gribaldi MSi sebelumnya mengatakan pihaknya telah menyiapkan 19 tempat shalat Idul Adha di Kabupaten OKU. Yakni di Perguruan Muhammadiyah Baturaja (penyelenggara PDM OKU). Halaman Masjid-Mu Kampoeng Kauman (Penyelenggara PCM Kampoeng Kauman Baturaja).


Masjid Taqwa Sekarjaya (Penyelenggara PRM Sekarjaya), Masjid Muhammadiyah Dusun Baturaja (Penyelenggara PRM Dusun Baturaja), Masjid Baitul Huda Gunung Liwat (Penyelenggara PCM Gunung Liwat), Mushalla Muhammadiyah Kesambirata (Penyelenggara PRM Kesambirata).


Masjid-Mu Abdurrahman Al-Khowali Belambangan (Penyelenggara PRM Belambangan), Lapangan Pulau Karang Lantang (penyelenggara PCM Karang Lantang), Lapangan MIM Kedaton (penyelenggara PCM Kedaton).


Masjid Mujahiddin Desa Tubohan (penyelenggara PCM Tubohan), Masjid Muhammadiyah Padang Bindu (penyelenggara PRM Padang Bindu), Masjid At-Takwa Lubuk Banjar (penyelenggara PRM 01 Lubuk Banjar). Masjid Babussalam Lubuk Banjar (penyelenggara PRM 02 dan PRM 03 Lubuk Banjar).

BACA JUGA:Sholat Ied Idul Adha 2023 Jembatan Ampera Tutup 3 Jam

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Penyaluran BBM dan LPG Aman
Masjid An-Nur Lubuk Banjar (penyelenggara PRM 04 Lubuk Banjar), Lapangan voli Blok G Lubuk Banjar (penyelenggara PRM 05 dan PRM 06 Lubuk Banjar), Halaman Masjid Al-Furqon Peninjauan (Penyelenggara PCM Peninjauan).


Masjid Al-Kahfi Marga Mulya (penyelenggara PRM Marga Mulya), Masjid Darussalam Penilikan (penyelenggara PRM Penilikan), dan Masjid Istiqomah Kelumpang (PCM Kelumpang). "

Kegiatan shalat Idul Adha sendiri akan dilakukan mulai pukul 07.00 WIB hingga selesai," kata Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), Prof Dr Ir H Gribaldi MSi.


Prof Dr Ir H Gribaldi MSi menambahkan, tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.  Dimana jika biasanya, usai shalat Idul Adha langsung dilakukan kegiatan penyembelihan hewan kurban. Namun, tahun ini tidak dilakukan.


Penyembelihan hewan kurban baru akan dilakukan, Kamis (29/6). Itu dilakukan  sesuai saran dari PP Muhammadiyah. Tujuannya untuk menjaga toleransi dan ukhuah. "Tahun ini total hewan kurban dari warga Muhammadiyah OKU ada 46 sapi, dan 6 kambing," pungkasnya. (r15)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: