Inilah Desa Wisata Kelumpang Sajikan Wisata Alam dan Kearifan Lokal Kabupaten OKU

Inilah Desa Wisata Kelumpang Sajikan Wisata Alam dan Kearifan Lokal Kabupaten OKU

TINJAU: Plt Kadin Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU Feri Iswan dan tim penilai Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel Tahun 2023 disambut dengan tarian tradisional saat visitasi di Desa Kelumpang. ()-Foto: Disparbud OKU-

Desa Wisata Kelumpang Sajikan Wisata Alam dan Kearifan Lokal Kabupaten OKU

ULU OGAN-OKES.NEWS - Desa Wisata Kelumpang mewakili Kabupaten OKU dalam program Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel 2023. Senin (10/7). Tim penilai Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel Tahun 2023 melaksanakan Visitasi di Desa Kelumpang.

 

Kedatangan Tim Dewan Juri disambut oleh kelompok syarofal anam dan tarian khas Ulu Ogan. Kemudian, bujang gadis Desa Kelumpang memberikan selendang sebagai tanda selamat datang.

 

Kepala Desa Kelumpang Arhadihak, menjelaskan daya tarik wisata berbasis alam yang ada di Desa Kelumpang ini adalah cerminan dari kehidupan keseharian warga desa. Sebagai petani dan peternak yang dikembangkan menjadi paket wisata andalan Belanting River Tubing.

 

“Belanting River Tubing ini merupakan salah satu produk wisata yang ada di Desa Wisata Kelumpang. Disini wisatawan akan berkeliling menyusuri sungai dan merasakan sensasi yang memacu adrenalin sambil menikmati pemandangan yang memberikan keindahan dan kesegaran mata untuk melihat pemandangan alam sekitar,”ungkap Arhadihak.

BACA JUGA:Pemutakhiran Data Keluarga BKKBN Dimanfaatkan untuk Bedah Rumah hingga Pembagian Telur dan Daging Ayam

 

Disamping itu juga ada paket wisata lainnya seperti outbond dan air terjun serta permainan tradisional yang merupakan kearifan lokal masyarakat Desa Kelumpang.

 

Untuk ekonomi kreatif meliputi produk UMKM masyarakat lokal. Antara lain kerajinan anyaman bambu, makanan dan minuman olahan seperti kopi ulu dan lemang yang menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibawa oleh wisatawan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: