Penyebab Kebakaran PT Pusri Masih Misteri

Penyebab Kebakaran PT Pusri Masih Misteri

TERBAKAR: Conveyor STG Batubara PT Pusri yang trebakar Jumat (18/8) dini hari. (Foto: Budiman/Sumeks)--

PALEMBANG-OKES.NEWS- Penyelidikan terhadap kebakaran yang terjadi di area Conveyor STG Batubara PT Pusri pada Jumat (18/8) dini hari masih berlangsung. Tim penyidik dari Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Palembang sedang melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Sementara penyebab kebakaran masih menjadi teka-teki. Hasil uji laboratorium forensik (Labfor) dari Polda Sumsel akan menjadi faktor kunci dalam mengungkap akar penyebab kejadian ini.

AKBP Haris Dinzah, Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Palembang, menjelaskan bahwa proses olah TKP kebakaran telah dilakukan pada siang Jumat (18/8). 

BACA JUGA:Beri Sembako hingga Kursi Roda

Para ahli forensik dari Labfor Polda Sumsel, Unit Identifikasi Fisik (Inafis), piket Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Palembang, dan piket Satuan Reserse Kriminal terlibat dalam proses tersebut.

"Barang-barang yang terkait dengan kebakaran telah diamankan untuk diuji di Labfor Polda Sumsel guna mengidentifikasi penyebab pastinya," ujar Haris, Sabtu (19/8).

Haris menjelaskan bahwa hasil dari uji laboratorium forensik akan menunjukkan apakah kebakaran ini disengaja atau merupakan kecelakaan.

BACA JUGA:Pabrik Conveyor STG PT Pusri Terbakar, Begini Kronologisnya

Meski begitu, pihaknya masih menantikan hasil uji tersebut. "Kita berharap hasil uji labfor dapat segera diperoleh agar kita dapat lebih mendalami apakah ada faktor kesengajaan atau tidak," lanjutnya.

Sambil menanti hasil uji labfor, pihak kepolisian telah mendapatkan keterangan dari saksi-saksi dan warga sekitar TKP. 

Saksi mata yang pertama kali melihat api atau kebakaran turut diperiksa dalam penyelidikan ini. Dari informasi yang diperoleh, polisi akan menarik kesimpulan mengenai penyebab kejadian ini.

Haris menjelaskan bahwa segala kemungkinan, termasuk kelalaian atau faktor alam, akan dipertimbangkan. "Beberapa saksi telah memberikan keterangan kepada kami, baik dari pihak keamanan maupun warga sekitar," katanya.

BACA JUGA:Rutan Baturaja Over Kapasitas, Ini yang bakal dilakukan Pj Bupati OKU

"Kami harus menunggu hasil olah TKP dan uji labfor untuk mengungkap faktor penyebab kebakaran ini. Apakah ini disebabkan oleh kelalaian atau dampak alamiah. Semuanya masih menunggu hasil uji labfor," pungkas Haris. (afi/SEG)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: