Siap Hadapi Cuaca Ekstrem El Nino

Siap Hadapi Cuaca Ekstrem El Nino

--

MARTAPURA- OKES.NEWS, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Timur Junadi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah untuk menghadapi cuaca ekstrem El Nino yang diperkirakan akan berlangsung hingga tiga bulan ke depan.

"Kami telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan provinsi untuk mendapatkan bantuan benih padi dan pupuk organik cair," kata Junadi, Selasa (22/8/2023).

Bantuan tersebut, kata Junadi, telah tersebar di seluruh kecamatan di OKU Timur. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan BPN/ATR untuk menambah luas lahan sawah hingga 73.000 hektar.

BACA JUGA:Terdengar Suara Letusan, Enam Rumah Hangus Dua Terdampak Total Kerugian Rp 500 Juta, ini Penyebabnya

"Saat ini luas baku sawah di OKU Timur mencapai 59.900 hektar. Jika propitas dan IP kita naik maka kemungkinan penambahan lahan itu disetujui," kata Junadi.

Selain itu, Dinas Pertanian OKU Timur juga telah mensosialisasikan kepada petani untuk mengikuti asuransi pertanian. Hal ini bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada petani jika terjadi gagal panen akibat cuaca ekstrem El Nino.

"Kami juga terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memberikan bantuan kepada petani yang mengalami gagal panen," kata Junadi.

BACA JUGA:Persiapan Hadapi Elnino Cegah Krisis Pangan

Junadi berharap, dengan berbagai langkah yang telah dilakukan, OKU Timur dapat tetap mempertahankan hasil produksi pangan di tengah cuaca ekstrem El Nino.(lid)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: