Cara Pertamina Tingkatkan Kemandirian Ekonomi Desa Wisata Danau Shuji, Danau yang Banyak Dikunjungi Wisatawan

Cara Pertamina Tingkatkan Kemandirian Ekonomi Desa Wisata Danau Shuji, Danau yang Banyak Dikunjungi Wisatawan

Danau Shuji yang eksotik menjadi tujuan wisatawan--

Ini Cara Pertamina Tingkatkan Kemandirian Ekonomi Desa Wisata Danau Shuji yang Banyak Dikunjungi Wisatawan Ini 

OKES.NEWS- Pertamina Hulu Energi (PHE) Subholding Upstream, melalui Pertamina EP Prabumulih Field, berinisiatif meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Wisata Danau Shuji, Lembak, Kecamatan Lembak, Kabupaten Muara Enim, Sumsel. 

Ya Lewat program Desa Energi Berdikari (DEB) yang merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Pertamina mengenalkan teknik hidroponik dan meningkatkan sistem kelistrikan wisata dengan bantuan panel surya berkapasitas 8,72 watt peak (Wp).

Menurut Tuti Dwi Patmayanti, Head of Comrel & CID Pertamina Hulu Rokan Zona 4, program ini agar program ini dapat mendukung pemulihan ekonomi dan memberikan akses energi bersih bagi 271 KK di Desa Lembak yang terdampak pandemi. 

Program ini juga ditujukan untuk menangani permasalahan lingkungan, termasuk sampah yang menumpuk di Danau Shuji dan insiden kebakaran hutan.

BACA JUGA:Polisi Tetapkan 2 Tersangka Pengoplosan BBM Ilegal di OKU, Simak modus dan kronologinya disini

Dengan pemanfaatan panel surya, diharapkan dapat mengurangi emisi karbon sebesar 11.336 kgCO2eq/tahun serta menghemat biaya listrik hingga Rp16 juta per tahun.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso, mengungkapkan bahwa program DEB telah berjalan sejak 2019 dan telah memberikan dampak positif di 52 desa di Indonesia. 

''Program ini menciptakan energi bersih dari berbagai sumber dan mengurangi emisi karbon secara signifikan,''jelasnya

Inisiatif ini sejalan dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) terkait energi bersih, pertumbuhan ekonomi, dan penanganan perubahan iklim.

Pertamina Dukung Target Pemerintah Menuju Net Zero Emission 2060

Ya, Pertamina, sebagai pelaku utama dalam industri energi nasional, menegaskan komitmen mereka dalam mendukung target Pemerintah Indonesia mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060. 

Langkah strategis ini sejalan dengan upaya global dalam menanggulangi perubahan iklim.

BACA JUGA:Kasus BBM Ilegal di OKU, Polisi Amankan Tiga Mobil hingga Zat Pewarna

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: