Pertamina Tingkatkan Pengembangan Energi Panas Bumi Gandeng Mitra Global, Energi Tersembunyi yang Berpotensi

Pertamina Tingkatkan Pengembangan Energi Panas Bumi Gandeng Mitra Global, Energi Tersembunyi yang Berpotensi

Energi panas Bumi di Sumsel yang dieksplorasi--

Pertamina Siap Tingkatkan Pengembangan Energi Panas Bumi dan Gandeng Mitra Global, Energi Tersembunyi yang Berpotensi 

OKES.NEWS- Indonesia, yang memiliki potensi energi panas bumi (Geothermal) sebesar 23.965,5 MW atau yang menjadikannya negara dengan potensi terbesar kedua di dunia, saat ini baru memanfaatkan 9,8% dari potensi tersebut.

Namun, dengan perkembangan era transisi energi dan kebutuhan energi terbarukan yang meningkat, potensi besar ini mulai dilirik oleh investor global.

Dalam ajang flagship event ASEAN Indo Pacific Forum (AIPF) yang akan digelar 5 – 6 September 2023, PT Pertamina (Persero) bersama anak usahanya PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) akan memperkenalkan proyek-proyek Geothermal yang sedang dijalankan. 

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menjelaskan bahwa sebagai BUMN di sektor energi, Pertamina memiliki peran strategis dalam pengelolaan panas bumi di Indonesia. 

BACA JUGA:Ini Komitmen Chevron dan Pertamina Geothermal Energy dalam Eksplorasi Panas Bumi di Sumsel

Dari 16 Wilayah Kerja yang ada, 13 dikelola sendiri oleh Pertamina sementara 2 lainnya dikelola bersama mitra.

Pada Februari 2023, Pertamina berhasil menggelar Initial Public Offering (IPO) untuk anak usahanya PGEO dan berhasil mengumpulkan dana hingga Rp 9,05 triliun. 

Fadjar juga mengungkapkan bahwa sesuai dengan masterplan Pertamina, pengembangan panas bumi diharapkan meningkat dua kali lipat menjadi 1.108 Megawatt (1,1 Gigawatt) hingga tahun 2026.

Tantangan yang dihadapi dalam pengembangan ini termasuk masalah perizinan dan tumpang tindih lahan, khususnya dengan area hutan konservasi. 

Namun, dengan revisi yang direncanakan pada UU No 27/2003 tentang panas bumi, diharapkan ada kepastian hukum yang lebih baik bagi pengembangan potensi panas bumi di Indonesia, khususnya di Sumatra Selatan (Panas Bumi Sumsel) yang memiliki potensi hingga 10% dari total potensi nasional.

BACA JUGA:Sumsel Pelopor Pemanfaatan Energi Terbarukan

Pertamina, yang berkomitmen mendukung target Net Zero Emission 2060, akan terus mendorong program yang mendukung Sustainable Development Goals (SDG's), sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) dalam operasionalnya.(*)

BACA JUGA:OKU Bidik Sejumlah Proyek Energi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: