Bukan Jalan TOL, Kini Mura - Palembang Cuma 4 Jam Lewat Jalur Darat Gratis?

Bukan Jalan TOL, Kini Mura - Palembang Cuma 4 Jam Lewat Jalur Darat Gratis?

H herman deru--

Kini Mura- Palembang Cuma 4 Jam Lewat Jalur Darat

SUMSEL - OKES.NEWS, Dengan menyelesaikan pembangunan jalan sepanjang 106 km, Gubernur Sumsel H Herman Deru mencatatkan kenangan manis di akhir periode kepemimpinannya.

Sejarah pun ditorehkan. Dengan adanya jalan itu, waktu tempuh dari Musi Rawas-Lubuklinggau-Muratara (MLM) ke Palembang hanya 4 jam.

Jalan itu penghubung antara Kabupaten PALI-Musi Rawas melalui ruas  jalan Simpang Semambang-Cecar SP 9-Simpang Kulim (Batas PALI). Peresmian berlangsung di halaman kantor Camat Bulang Tengah Suku (BTS) Ulu, Kabupaten Musi Rawas,  Senin (25/9) pagi.

BACA JUGA:Mantan Wako Palembang Harnojoyo Diperiksa Kejati Selama 5 Jam

Pembangunan jalan itu gunakan APBD Provinsi Sumsel tahun anggaran 2021-2023 senilai Rp391 miliar lebih. 

“Ini cita-cita besar saya dan kita semua untuk mendekatkan Musi Rawas dengan Ibu Kota Provinsi. Alhamdulillah hari ini terealisasi,” kata Deru.

Rencana mendekatkan jarak dan waktu tempuh MLM-Palembang ini sebenarnya sejak 2003. Tapi sulit terwujud. Salah satunya karena keterbatasan anggaran.

“Di kampung halaman saya  saja tidak ada satu ruas pun jalan yang anggarannya sebesar ini. Tapi menjadi kewajiban saya sebagai pemimpin untuk mewujudkan pemerataan di Sumsel,” tegasnya.

Ia menambahkan, baru kali ini dalam sejarahnya pembangunan sekaligus jalan sepanjang 106 km lebih dalam 1 trase. “Apalagi dengan kualitas dan kekuatannya tidak ada beda dengan jalan tol,” imbuhnya.

Sebelum ada jalan ini, warga Musi Rawas yang hendak ke Palembang harus menempuh perjalanan hingga 9 jam lebih.

“Kini dengan adanya jalan penghubung ini perjalanan hanya perlu sekitar 4 jam saja. Jarak tempuh makin dekat, waktu lebih efisien. Keluar BBM jadi lebih sedikit . Aus ban dan aus kendaraan berkurang,” beber Deru.

Keberadaan jalan ini akan dapat mempercepat laju pertumbuhan ekonomi masyarakat. Karena dampaknya mempercepat arus angkutan barang dan jasa.

BACA JUGA:Karhutla Kebun Sawit di OKU TImur Dilalap Si Jago Merah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: