6 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi tidur siang miliki banyak manfaat untuk kesehatan. (Foto: Antonio_Diaz)--

OKES.NEWS - Tidur siang sering kali dianggap sebagai kebiasaan yang kurang produktif, padahal sebenarnya memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan fisik dan mental.

Meskipun sering diabaikan karena kesibukan sehari-hari, tidur siang yang dilakukan dengan benar dapat memberikan berbagai keuntungan. 

Berikut adalah enam manfaat tidur siang yang perlu kamu ketahui:

1. Meningkatkan Suasana Hati

Tidur siang dapat membantu memperbaiki suasana hati. Penelitian menunjukkan bahwa tidur sejenak bisa meredakan stres, kecemasan, dan kegelisahan. 

Setelah tidur siang, banyak orang merasa lebih tenang dan lebih positif.

BACA JUGA:Buaya Muara di Sungai Ogan OKU Sepanjang 2,36 Meter Dibawa ke PRS Palembang

BACA JUGA:5 Olahraga Efektif untuk Mencegah dan Mengatasi Ambeien

2. Meningkatkan Fokus dan Kewaspadaan

Konsentrasi dan kewaspadaan dapat meningkat setelah tidur siang. Penelitian menunjukkan bahwa tidur singkat membantu otak pulih dari kelelahan karena terlalu banyak informasi. 

Selama tidur siang, otak mengelola data yang tidak diperlukan, memungkinkan kamu kembali fokus dan lebih efektif dalam menyerap informasi.

3. Menambah Jam Tidur

Bagi mereka yang memiliki jadwal kerja yang tidak teratur atau gangguan tidur malam, tidur siang bisa menjadi cara untuk menambah jam tidur yang kurang. 

Membagi waktu tidur menjadi 1–1,5 jam di siang hari dan sekitar 6 jam di malam hari dapat membantu menciptakan pola tidur yang lebih seimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: