ORF Penyakit yang Menyerang Mulut Kambing

ORF Penyakit yang Menyerang Mulut Kambing

Kambing yang terkena penyakit ORF di Desa SP 8/Panji Jaya. -Foto: Ist.-

BACA JUGA: Pramuka, Menarik dan Menyenangkan untuk Semua Usia

Penularan ORF dapat terjadi melalui kontak langsung dengan penderita ataupun dengan kontak tidak langsung dengan penderita. Melalui kontak langsung misalnya terjadi lewat luka – luka kulit pada waktu menyusui, keropeng yang yang bersenggolan dengan kambing lain. 

Sedangkan kontak tidak langsung bisa lewat makanan yang tercemar, kandang yang tercemar, dan bahan – bahan lainnya yang sudah tercemar oleh kuman ORF tersebut.

Penyakit ini juga bersifat Zoonosis (menular ke manusia), orang yang tertular akan menunjukan rasa gatal dan terbentuknya bulatan merah di kulitnya.

Akan tetapi tidak semua orang bisa tertular ORF, karena masing – masing individu mempunyai kekebalan dan antibodi yang berbeda yang menyebabkan orang tersebut mempunyai angka penularan (morbiditas) yang berbeda juga. 

BACA JUGA: 10 Tahun, Kualitas IPM OKU Konsisten Naik

Asalkan kita menerapkan kebersihan diri secara maksimal setelah kontak dengan hewan yang terkena ORF, itu dapat meminimalkan tertular penyakit ini.

Cara yang sangat mudah dilakukan adalah cuci tangan dengan bahan yang mengandung desinfektan akan sangat membantu mencegah penyebaran ORF. 

Dari pemeriksaan yang dilakukan di Desa Panji Jaya tidak menunjukkan bahwa kambing tersebut terkena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) karena lukanya di bibir tidak di lidah atau di dalam gusi kambing. 

Dari Peternak kambing di Desa Panji Jaya tersebut didapatkan informasi bahwa rata – rata kambing tersebut memang dipelihara semi intensif, yaitu dikandangkan pada waktu malam hari dan dilepaskan pada saat siang hari. 

BACA JUGA: ALCo Sumsel: Neraca Perdagangan Sumsel Surplus Lagi

Pemeliharaan system intensif sangat memudahkan penyebaran penyakit ORF, karena kontak dengan kambing yang sakit dan tertular sangat sulit untuk dihindarkan. 

Sedangkan untuk kandangnya diperlukan penyemprotan (desinfeksi) desinfektan untuk memutuskan alur penularan dari virus ORF.

Untuk kambing yang tertular sebaikknya dipisahkan dengan kambing yang sehat, dapat dilakukan dengan cara membuatkan kandang tersendiri (kandang isolasi) khusus bagi kambing yang sakit. 

Selain dengan meningkatkan kesehatan lingkungan, pencegahan dapat dilakukan dengan cara vaksinasi pada daerah yang memang sudah terkena ORF, pada daerah yang bebas tidak perlu dilakukan vaksinasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: