banner pdam

Mengenal Apa itu Aplikasi Manajemen Kehadiran Serta Manfaatnya untuk Perusahaan

Mengenal Apa itu Aplikasi Manajemen Kehadiran Serta Manfaatnya untuk Perusahaan

--

OKES.CO.ID - Aplikasi manajemen kehadiran merupakan salah satu dari penggunaan sistem absensi yang pastinya saat ini sudah sering Anda dengar terlebih saat ini sudah memasuki era serba digital karena teknologi yang sudah berkembang dengan sangat pesat.

Penggunaan dari aplikasi digital yang dapat di akses dengan sangat mudah pun menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia.

Salah satunya adalah perkembangan dari metode absensi karyawan pada sebuah perusahaan yang kini sudah menerapkan aplikasi manajemen kehadiran.

Cara ini dinilai jauh lebih praktis dan efisien jika dibandingkan dengan melakukan absensi dengan metode manual. Untuk aplikasi manajemen kehadiran ini sendiri sebenarnya baru diperkenalkan seiring dengan koneksi internet yang sudah bisa dijangkau oleh setiap orang.

BACA JUGA:Diklatsar VII Gerhana Unmaha Digelar 3 Hari

Seperti yang sudah dijelaskan jika kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi manajemen kehadiran ini ada banyak sekali jika dibandingkan dengan metode absensi sebelumnya seperti penggunaan fingerprint atau mesin check lock. Apalagi, untuk saat ini koneksi internet sudah bisa dengan mudah dijangkau oleh siapa saja, baik itu dari harga maupun aksesnya.

Oleh karena itu, penggunaan metode aplikasi manajemen kehadiran ini dinilai menjadi salah satu pilihan terbaik yang banyak digunakan tidak hanya oleh perusahaan saja, pemerintahan pun kini sudah mulai menerapkan sistem aplikasi manajemen kehadiran. Lalu, apakah sistem aplikasi manajemen kehadiran itu sendiri? Berikut kami akan menjelaskan aplikasi manajemen kehadiran dengan lebih detail untuk Anda.

Mengenal Apa itu Aplikasi Manajemen Kehadiran

Seperti yang Anda ketahui bahwa secara umum pengertian dari absen merupakan suatu tanda kehadiran yang sudah dikenal sejak masa sekolah dulu. Jika metode ini digunakan di sekolah, biasanya guru akan memanggil nama siswanya satu persatu. Akan tetapi, jika hal seperti ini diterapkan pada suatu perusahaan tentu saja hal tersebut sangat tidak mungkin. Apalagi jika perusahaan tersebut memiliki jumlah karyawan yang banyak, bahkan hingga ratusan atau ribuan karyawan.

Tentu, hal tersebut akan sangat merepotkan dan akan membuat waktu lebih banyak terbuang padahal waktu tersebut bisa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang lain. Oleh karena itu, penggunaan dari aplikasi manajemen kehadiran ini dinilaI lebih efektif dan efisien karena metodenya tidak memerlukan waktu yang banyak seperti metode absensi yang lain.

BACA JUGA:14 Konsultan Serahkan Uang Negara Rp1,1 M ke Kejari OKU Selatan

Karyawan perusahaan hanya memerlukan sambungan internet serta aplikasi manajemen kehadiran yang telah terpasang di perangkat ponsel. Ketika karyawan perusahaan mau melakukan check in absensi pada aplikasi, maka karyawan harus mengaktifkan GPS terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar perusahaan bisa mengetahui di mana lokasi karyawan mereka ketika sedang melakukan aplikasi manajemen kehadiran.

Manfaat yang Dirasakan Ketika Menggunakan Aplikasi Manajemen Kehadiran

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa penggunaan dari aplikasi manajemen kehadiran ini memiliki banyak sekali manfaat jika dibandingkan ketika menggunakan absensi karyawan dengan metode lain, misalnya sidik jari atau check lock.

Salah satu yang membuat penggunaan aplikasi manajemen kehadiran karyawan menjadi sangat populer adalah aplikasi manajemen kehadiran ini penggunaannya sangat praktis, mudah, dan efisien sehingga berhasil menarik banyak perhatian perusahaan perusahaan untuk mencobanya.

Akan tetapi, keunggulan atau manfaat yang diberikan oleh metode absensi karyawan yang satu ini tentu tidak hanya itu saja karena masih banyak manfaat manfaat dari aplikasi manajemen kehadiran yang mungkin saja belum Anda ketahui. Lalu, apa saja keunggulan atau manfaat lain dari penggunaan metode aplikasi manajemen kehadiran ini? Berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan metode absensi ini, antara lain:

 BACA JUGA:Tiga Kecamatan Rawan Longsor, BPBD Pasang Ini

1. Penggunaan Aplikasi Yang Lebih Fleksibel

Saat ini di Indonesia Anda bisa melihat secara langsung jika disini ada begitu banyak jenis industri yang maupun perusahaan yang telah berdiri. Tentunya, perusahaan perusahaan tersebut memiliki kebutuhan yang berbeda antara satu dan yang lain dan karena keberagaman ini lah yang membuat perusahaan perusahaan yang ada di Indonesia pada akhirnya tidak bisa menggunakan metode absensi konvensional yang sama seperti penggunaan absensi sidik jari maupun check lock karena tidak semua perusahaan cocok dengan metode absensi tersebut.

Sebagai contoh, seperti yang Anda ketahui ada sebuah perusahaan di mana para pekerja mereka lebih banyak bekerja di lapangan dibandingkan di dalam kantor. Melihat kondisi tersebut tentu penggunaan metode absensi konvensional seperti mesin sidik jari tentu menjadi hal yang sangat tidak praktis, baik untuk perusahaan maupun karyawan mereka. Ketika metode absensi ini masih tetap digunakan, maka karyawan tersebut harus pulang pergi ke kantor hanya untuk melakukan absensi saja. Tentu, hal seperti ini sangat tidak efisien dan mengganggu jam kerja mereka, padahal bisa saja pada saat perjalanan pulang pergi tersebut karyawan bisa menyelesaikan pekerjaan mereka yang lain.

Selain tidak efisien dan membuang waktu karyawan, lama kelamaan hal tersebut akan mengganggu produktivitas perusahaan. Hal ini akan sangat berbeda ketika perusahaan menggunakan sebuah metode absensi melalui mobile yang jauh lebih praktis. Para karyawan perusahaan yang bekerja di lapangan bisa melakukan absensi di mana saja dan kapan saja selama karyawan tersebut memiliki aplikasi absensi di dalam ponsel mereka dan tersambung dengan koneksi internet yang baik.

Dengan metode absensi melalui mobile ini bisa dikatakan sangat memfasilitasi kebutuhan dari kerja yang jauh lebih fleksibel apalagi seperti saat ini di mana semenjak pandemi Covid-19 berlangsung ada begitu banyak perusahaan yang memutuskan untuk melakukan sistem WFH atau juga dikenal sebagai sistem kerja di rumah.

BACA JUGA:Jalan Cor Beton di Sukaraya Rampung Dibangun

Tentunya ketika perusahaan memutuskan untuk menggunakan metode absensi secara konvensional, hal tersebut rasanya akan sangat sulit memenuhi kebutuhan kerja apalagi sistem kerja saat ini kebanyakan banyak dilakukan di luar kantor.

2.   Membuat Perusahaan Bisa Lebih Hemat dalam Melakukan Anggaran Perusahaan

Bisa dikatakan jika metode absensi melalui mobile ini tidak memerlukan suatu perangkat maupun pemasangan yang dilakukan secara mandiri oleh perusahaan. Misalnya seperti mesin sidik jari atau check lock, kedua hal tersebut membutuhkan sebuah mesin agar bisa digunakan dan seperti yang Anda ketahui bahwa memasang sebuah perangkat mesin ataupun melakukan instalasi tentu telah masuk dalam satu paket di mana untuk biaya yang dibutuhkan pun tidak sedikit.

Hal ini pun membuat perusahaan menyiapkan anggaran lebih hingga mencapai jutaan rupiah, apalagi jika perusahaan ingin menggunakan sistem mesin sidik jari atau check lock dalam jumlah yang banyak. Tidak hanya menyiapkan biaya membeli perangkat mesinnya, tetapi perusahaan juga harus menyiapkan dana tambahan di mana dana tersebut akan digunakan sebagai biaya perawatan mesin.

Hal ini tentu akan sangat berbeda ketika perusahaan menggunakan metode absensi melalui mobile. Perusahaan hanya perlu melakukan pendaftaran dan mengunduh aplikasi absensi tersebut pada ponsel/laptop/tablet yang sehari hari digunakan. Melakukan absensi online ini tentu akan sangat memudahkan karyawan perusahaan yang bekerja di lapangan atau bekerja dari jarak jauh jika dibandingkan perusahaan menggunakan metode absensi konvensional seperti mesin sidik jari. Tidak hanya penggunaannya yang tidak efisien, tetapi metode tersebut memerlukan anggaran biaya yang lebih besar dan perawatan yang tidak murah.

 BACA JUGA:PIALA DUNIA 2022 QATAR: Kejutan Lagi, Jepang Kalahkan Jerman

3.  Data Karyawan yang Masuk Akan Lebih Akurat

Mungkin sebagian orang khususnya para pekerja telah mengetahui bahwa daftar hadir kerja ini akan mempengaruhi perhitungan gaji bersih serta hak karyawan. Tentunya hal ini penting dan penggunaan metode absensi melalui mobile cara tersebut dianggap memudahkan perusahaan khususnya staff HR yang memang memiliki tanggung jawab untuk melakukan perhitungan dan melakukan rekap data daftar hadir.

Dengan bantuan dari penggunaan sistem absensi melalui mobile ini, perhitungan daftar hadir karyawan perusahaan bisa dilakukan dengan mudah. Perhitungan pun akan dianggap lebih akurat karena menggunakan sistem teknologi yang melakukan perhitungan secara otomatis.

Hal ini tentu akan sangat berbeda ketika perusahaan menggunakan metode absensi secara manual di mana staff HR perusahaan harus melakukan perhitungan ulang dan tentu hal tersebut lebih berisiko memberikan data yang tidak akurat. Dengan bantuan sistem teknologi absensi melalui mobile ini, sistem akan membuat data yang masuk langsung tersinkronisasi secara otomatis dengan data lainnya sehingga perhitungan yang dilakukan bisa lebih mudah.

4.  Perusahaan Bisa Memantau Karyawan secara Real Time

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa penggunaan metode absensi melalui mobile ini secara otomatis akan terhubung dengan koneksi internet. Hal ini akan memudahkan sebuah perusahaan dalam melakukan pemantauan data sehingga hal ini lah yang membuat perusahaan bisa melakukan pemantauan data karyawan mereka secara real time. Karena keunggulan ini lah yang membuat pekerjaan dari staff HR perusahaan menjadi lebih mudah dan cepat.

BACA JUGA:Identitas Mr X di OKU Timur Terungkap, Pelaku Pembunuhan Ditangkap

Bahkan tidak hanya itu saja, karena setiap data yang berasal dari absensi melalui mobile ini bisa langsung disimpan dan dilakukan pembaharuan secara otomatis melalui sistem cloud. Hal tersebut akan menjamin keamanan data setiap karyawan perusahaan

 Aplikasi Manajemen Kehadiran Memiliki Sistem Keamanan Berlapis Ganda

Ketika menggunakan sistem absensi dengan metode konvensional apalagi manual, bukan hal yang tidak mungkin risiko terjadinya kecurangan dalam melakukan absensi ini tidak dapat terjadi. Oleh karena itu, dengan menggunakan metode absensi melalui mobile ini menjadi salah satu langkah yang digunakan oleh perusahaan untuk mencegah terjadi kecurangan daftar hadir karyawan perusahaan. Dengan sistem absensi melalui mobile ini dilengkapi dengan teknologi GPS sekaligus biometrik sehingga sistem memiliki keamanan berlapis untuk mencegah hal seperti kecurangan tersebut dapat terjadi.

Untuk cara penggunaan dari sistem absensi melalui mobile ini pun sangat mudah karena karyawan perusahaan hanya perlu melakukan verifikasi kehadiran pada suatu titik yang telah digabungkan dengan sebuah foto. Oleh karena sistem itu lah karyawan perusahaan tidak bisa melakukan manipulasi data karena setiap data yang masuk ke dalam sistem akan langsung terenkripsi dan disimpan secara aman.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Mr X Ditemukan Hangus Terbakar, Terdapat 3 Luka Tikam

Demikianlah penjelasan kami mengenai sistem aplikasi manajemen kehadiran. Sehingga jika disimpulkan secara sederhana, sistem aplikasi manajemen kehadiran ini merupakan suatu kegiatan yang akan dilakukan oleh karyawan perusahaan melalui perangkat ponsel mereka secara langsung atau melalui laptop dengan cara melakukan check in dan menggunakan GPS.

Dengan menggunakan metode sistem aplikasi manajemen kehadiran ini, operasional kerja yang dilakukan oleh staff HR bisa dilakukan dengan lebih mudah, cepat, dan efisien tanpa perlu membuang banyak waktu. Untuk semakin memudahkan pengerjaan dari rekap data setiap karyawan, perusahaan bisa menggunakan tambahan tools digital lainnya. Salah satu penggunaan dari tools yang menjadi banyak rekomendasi banyak perusahaan adalah aplikasi manajemen kehadiran dari talenta.

Bukan tanpa alasan jika penggunaan aplikasi absensi online talenta ini banyak direkomendasikan oleh perusahaan karena fitur yang tersedia di dalam aplikasi tersebut sangat lengkap. Selain itu, untuk penggunaan dari sistem absensi satu ini pun sangat mudah sehingga bagi perusahaan yang baru saja mulai menggunakan sistem aplikasi manajemen kehadiran sangat direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi absensi dari talenta.(*)

Sumber: