Yuk ke Palabuhan Ratu Kini Lebih Cepat, Biasanya sampai 5 jam Kini Lewat Tol Hanya 2,5 jam Saja

Yuk ke Palabuhan Ratu Kini Lebih Cepat,  Biasanya sampai 5 jam Kini Lewat Tol Hanya 2,5 jam Saja

Tol Ciawi-Sukabumi mempercepat akses ke kawasan pariwisata--

Yuk Ke Palabuhan Ratu Kini Lebih Cepat,  Biasanya sampai 5 jam Kini Lewat Tol Hanya 2,5 jam saja.

OKES.NEWS- Sebuah momen bersejarah terjadi pada 4 Agustus 2023,  Presiden RI Joko Widodo (Jokowi_, di dampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, meresmikan Jalan Tol Ciawi - Sukabumi Seksi 2 Cigombong - Cibadak yang membentang sepanjang 11,90 km. 

Pemerintah melalui langkah ini berkomitmen untuk mempercepat konektivitas dan aksesibilitas, memudahkan mobilitas orang dan barang, serta mendukung sektor pariwisata di wilayah tersebut.

Presiden Joko Widodo dengan penuh semangat mengungkapkan, "Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim pada pagi hari ini, saya resmikan Jalan Tol Ciawi - Sukabumi Seksi 2 ruas Cigombong - Cibadak di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat." 

Keberadaan jalan tol ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia serta memberikan hadiah kepada Provinsi Jawa Barat, khususnya masyarakat Sukabumi.

BACA JUGA:Jokowi Pukul Alat Tradisional Doll Saat Peresmian Tol Bengkulu, Tak Sembarang Orang Boleh Mainkan Doll?

Pengurangan waktu tempuh yang signifikan menjadi salah satu manfaat utama dari Jalan Tol Ciawi - Sukabumi Seksi 2. 

Presiden Jokowi menjelaskan, Seperti menuju ke Pelabuhan Ratu, Geopark Ciletuh, Ujung Genteng, ataupun ke Gunung Gede yang memangkas jarak tempuh. 

Jika dari Jakarta ke Sukabumi menggunakan mobil menghabiskan waktu biasanya sampai 5 jam, sekarang adanya Jalan Tol ini hanya kurang lebih 2,5 jam saja." 

Hal ini akan memberikan dampak positif terhadap pariwisata di wilayah tersebut, di mana masyarakat dari Jakarta dan sekitarnya dapat lebih mudah berwisata ke Sukabumi dengan beragam destinasi menarik yang ada.

BACA JUGA:Kontrak Baru Senilai Rp201 Miliar, Dongkrak Pertumbuhan Wisata Jalur Pantai Selatan Pantai Brumbun-Sine

Selain manfaat dalam bidang pariwisata, Jalan Tol Ciawi - Sukabumi Seksi 2 juga diharapkan dapat mendukung mobilitas ekonomi dan investasi. Presiden Jokowi menjelaskan, "Jalan Tol ini akan mempercepat mobilitas orang, barang, dan juga yang berkaitan dengan investasi." 

Dalam survey, para investor di Jawa Barat menduduki ranking pertama dalam berinvestasi. Salah satu alasannya adalah keberadaan jalan tol yang paling banyak di Jawa Barat, termasuk Jalan Tol Ciawi - Sukabumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: