Peringati Hari Rabies Dunia, Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Lakukan Ini ke Kucing dan Anjing!

Peringati Hari Rabies Dunia, Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Lakukan Ini ke Kucing dan Anjing!

Dinas Perikanan dan Peternakan OKU membagikan vaksin rabies gratis dalam memperingati Hari Rabies Dunia di Taman Kota Baturaja, Sabtu (7/10/2023).-Bagus/OKES-

BATURAJA , OKES.NEWS - Dalam rangka memperingati Hari Rabies Dunia, Dinas Perikanan dan Peternakan melakukan pemberian vaksin rabies kepada kucing dan anjing, secara gratis, Sabtu (7/10/2023).

Sebanyak 200 vaksin diberikan. Yakni 100  dosis vaksin untuk kucing, dan 100 dosis lainnya untuk anjing. Pelaksanaan pemberian vaksin sendiri dilakukan di Taman Kota Baturaja, Sabtu (7/10).

“Untuk HPR (hewan penular rabies) di OKU ini sekitar 10.000 ekor. Mulai dari kucing, anjing dan monyet. Sedangkan dosis vaksin yang dapat diberikan hanya 200 saja,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan OKU, Tri Aprianingsih.

Masih banyaknya hewan penular rabies yang belum mendapat vaksin, Tri Aprianingsih mengimbau kepada masyarakat agar melakukan vaksin bisa secara mandiri.

BACA JUGA:Bebas Biaya Admin, Pinjaman Tunai Shopee Pinjam (Spinjam) Cair Rp12 Juta Cuma 5 Menit

Adapun syarat untuk mengikuti vaksin ini hewan harus dalam keadaaan sehat, tidak sedang bunting atau menyusui atau birahi dan berumur minimal 6 bulan.

Tri Aprianingsih menambahkan, acara tersebut digelar dalam upaya edukasi dan penurunan kasus rabies yang ada di OKU. “Sekaligus untuk mencegah penyakit rabies yang bisa ditularkan oleh hewan peliharaan,” ungjap Tri.

Sementara, Assisten II Setda OKU, H Hasan HD mengatakan seluruh masyarakat harus memahami tentang pentingnya kepedulian terhadap hewan dan bahayanya penyakit rabies.

Menurutnya, kepedulian terhadap hewan sangat penting, terutama dalam mengantisipasi penyebaran penyakit rabies.

“Melalui kegiatan yang mengedukasi masyarakat tentang rabies, kita dapat mencegah penularan penyakit ini. Hal ini juga memungkinkan kita untuk menjaga hubungan yang sehat dengan hewan peliharaan kita,” kata Hasan HD. 

BACA JUGA:Prediksi Pertandingan Liga Inggris : Manchester United v Brentford, Misi Bangkit

Hasan menambahkan, rabies adalah penyakit yang sangat mematikan dan dapat menular kepada manusia melalui gigitan atau luka hewan yang terinfeksi.

“Oleh karena itu, dengan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya vaksinasi dan perawatan hewan peliharaan, kita dapat melindungi diri sendiri dan keluarga dari risiko rabies,” pungkas Hasan. (gus)

BACA JUGA:Gagal Panen, Harga Jagung di OKU Selatan Melabung Tinggi, Segini Omzet Penjualannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: