Keuntungan dan Kerugian Sapi Beranak Kembar Dua

Keuntungan dan Kerugian Sapi Beranak Kembar Dua

Foto: Ilustrasi. (*)--

Ketiga dengan perpaduan kawin suntik atau inseminasi buatan (IB) dan transfer embrio. Secara simultan dilakukan pembuahan dengan kawin suntik dan pembuahan di luar. Sel telur yang sudah dibuahi dengan spermatozoa dalam embrio dari pembuahan luar kemudian dimasukkan ke bagian rahim sapi. Teknik rekayasa genetika ini sudah dikomersial dan diaplikasikan di beberapa daerah. Hal yangmenjadi kendala adalah tingginya tingkat kerusakan pembelahan sel embrio. Juga perlu pengetahuankepada peternak tentang nutrisi pakan sapi dan perkembangan kesehatan rahim. 

Meskipun kelahiran kembar sangat diharapkan oleh peternak akan tetapi ada keuntungan dan kerugian yang didapatkan dari sapi yang melahirkan kembar. Keuntungan anak sapi kembar: Pada satu kali proses reproduksi dihasilkan dua anak sapi, ini tentu saja sangat menguntungkan dari segi kuantitas. 

BACA JUGA: Cacar pada Sapi (Lumpy Skin Disease)

Jika ditemukan kelahiran anak sapi kembar berjenis kelamin betina dan betina, biasanya anak sapi ini harganya akan lebih mahal, sebab kemungkinan besar anak sapi betina ini nantinya juga dapat menghasilkan anak sapi kembar berikutnya. 

Kekurangan anak sapi kembar: Umumnya anak sapi kembar akan kekurangan air susu induk (khusus pada sapi potong) sehingga perkembangan anak sapi kembar tersebut agakterhambat. Jika kelahiran anak sapi jantan dan betina, maka anak sapi betina ini kemungkinan besar akan mandul (tidak bisa menghasilkan keturunan). Hal ini sering disebut dengan fremartin. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: