Hasil Pilkades Air Paoh Digugat Calon Kades Edi Polo

Hasil Pilkades Air Paoh Digugat Calon Kades Edi Polo

Sidang gugatan calon kades Air Paoh di Pengandilan Negeri Baturaja.-Foto: Ist.-

"Kami tegaskan bahwa ada waktu tiga hari (5,6,7 Oktober 2022) masa sanggah. Selama tiga hari itu kami tidak menerima sanggahan ataupun menerima surat gugatan dari masing-masing calon. Makanya, sesuai dengan aturan yang berlaku, karena selama tiga hari tidak ada sanggahan ataupun gugatan maka kami serahkan hasil pemilihan kepada BPD," tukas Umirtom.

BACA JUGA: YPN Silaturahmi Dengan Awak Media

Tergugat II Alfi Syahrin mengatakan, saat menerima hasil Pilkades Air Paoh dari panitia Pilkades, pihaknya tidak ada tembusan terkait sanggahan ataupun gugatan dari panitia Pilkades. Untuk itu, pihaknya memutuskan dalam rapat BPD yang dihadiri 8 dari 9 anggota BPD Air Paoh.

"Surat BPD terkait hasil tersebut kami sampaikan ke Bupati melalui  camat Baturaja Timur," ucap Alfi.

Diterangkan Alfi, pada saat menggelar rapat, pihaknya melakukan verifikasi seluruh berkas yang diserahkan panitia Pilkades kepada BPD. Pihaknya tidak menemukan catatan perselisihan hasil pemilihan. Karena dalam berkas tersebut ada lembar catatan perselisihan.

BACA JUGA: Pada 2023 Mendatang, Bencana Hidrometeorologi Diprediksi Bakal Lebih Besar

"Karena dalam lembaran perselisihan tidak ada catatan perselisihan pemilihan. Untuk itu, dalam rapat BPD kami memutuskan menerima hasil perselisihan," ungkap Alfi.

Diakui Alfi, ada calon Kades melakukan sanggahan dari Calon nomor urut 1 Edi Polo, calon nomor urut 2 Yon Safarudin dan calon nomor urut 4 Santoso.

"Namun, gugatan mereka telah melawati masa sanggah. Seandainya mereka melakukan sanggahan ataupun gugatan sesuai dengan mekanisme yakni masa sanggah, kami (BPD) akan melayani itu," timpal Alfi.

BACA JUGA: Hebat! TP PKK OKU Bawa Pulang 2 Juara

Tergugat III, Arsan, menanggapi gugatan calon nomor urut 1 yakni Edi Polo merupakan hal biasa. Karena, dirinya tidak ada masalah dengan Edi Polo ataupun dengan calon yang kades.

"Masalah pak Edi Polo mau ada tuntutan, silahkan saja karena merupakan hak pak Edi Polo, sebagai calon Kades," tukas Arsan.

Untuk diketahui, hasil Pilkades Air Paoh pada 5 Oktober 2022 yang lalu, perolehan suara Edi Polo 858 suara, Yon Safarudin 420 suara, Arsan 1975 suara, Santoso 709 suara dan Munandar 210 suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: