Di Tengah Konflik Palestina Isreal, Inilah Alasan Mengapa Umat Islam Harus Mencintai dan Membela Palestina

Di Tengah Konflik Palestina Isreal, Inilah Alasan Mengapa Umat Islam Harus Mencintai dan Membela Palestina

Islamic Center JL. Lintas Sumatra, Baturaja, Kec. Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan --

Di Tengah Konflik Palestina Isreal Inilah Alasan Mengapa Umat Islam Harus Mencintai dan Membela Palestina

OKES.NEWS - Sejumlah Masjid di Sumatera Selatan (Sumsel), khutbah Jumat tadi siangi mengangkat tema solidaritas untuk rakyat Palestina yang tengah mengalami penjajahan oleh Yahudi Israel. 

Melalui teks khutbah yang bertajuk "khutbah Jumat, Kenapa Kita Mencintai dan Membela Palestina", berbagai alasan diajukan untuk mengapa umat Islam seyogyanya memberikan perhatian khusus kepada Palestina.

Alasan pertama yang diajukan adalah keberadaan Masjid al-Aqsa, yang merupakan masjid tertua di dunia setelah Masjid al-Haram. 

Kemudian, di sana juga terdapat kota Baitul Maqdis yang pernah menjadi kiblat shalat selama tujuh belas bulan setelah Nabi Muhammad SAW berhijrah dari Makkah ke Madinah.

BACA JUGA:Jumlah Korban Serangan Israel di Gaza Terus Bertambah

BACA JUGA:KONFLIK Israel dan Palestina: 10 Orang Tewas, Ratusan Luka-Luka

Alasan lain meliputi fakta bahwa Palestina menjadi titik krusial dalam perjalanan Isra’ dan Mi’raj yang merupakan salah satu mukjizat terbesar Rasulullah SAW. 

Selain itu, Palestina juga dikenal sebagai negeri para nabi dan rasul, tempat lahir dan berdakwahnya para nabi seperti Nabi Ibrahim, Nabi Yusuf, dan Nabi Isa, untuk menyebut beberapa di antaranya.

Khutbah Jumat juga mengingatkan umat Islam tentang keberadaan Kota Baitul Maqdis sebagai tempat berkumpulnya seluruh umat manusia menjelang hari kiamat dan tempat pembunuhan Dajjal oleh Nabi Isa AS.

BACA JUGA:Perang Israel-Hamas Terkini: Korban Tewas Tembus 2.300 Jiwa, PBB Minta Blokade Gaza Diakhiri

Tak lupa disebutkan bahwa Palestina merupakan bagian dari daratan Syam yang pernah didoakan oleh Rasulullah SAW. 

Selain itu, banyak sahabat Rasulullah SAW yang pernah berdakwah di Palestina, serta puluhan ulama besar Islam lahir dan tinggal di sana.

Demikian alasan tersebut, khutbah Jumat ini mengajak seluruh umat Islam untuk terus mencintai dan membela Palestina. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: